Tips dan Trik

Perubahan Suasana Hati Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Perubahan suasana hati saat hamil sangat dipengaruhi oleh perubahan hormonal di dalam tubuh ibu hamil. Kondisi ini mirip seperti wanita yang mengalami PMS atau premenstruasi syndrome. Ibu hamil dapat mengalami perubahan suasana hati secara drastis. Misalnya, ibu hamil tiba-tiba merasa sedih, lalu depresi, dan tiba-tiba merasa senang. Bagi ibu hamil sendiri, ini sulit untuk dipahami. Beberapa ibu hamil bahkan merasa kurang percaya diri, terasing, hingga bingung harus berbuat apa.

Perubahan suasana hati saat hamil ini merupakan hal yang normal. Meskipun normal, jika dibiarkan terus dapat membuat ibu hamil frustrasi. Karena itu, ibu hamil harus menemukan cara untuk memahami perasaannya sendiri.

Beberapa faktor yang menyebabkan perubahan suasana hati saat hamil di antaranya adalah:

Perubahan hormonal

Perubahan hormonal pada ibu hamil biasanya berdampak pada perubahan suasana hati saat hamil yang membuat ibu hamil lebih emosional. Dibanding wanita yang tidak hamil, perubahan hormonal ini terjadi lebih cepat terutama saat kehamilan memasuki trimester awal saat kadar progesteron dan estrogen meningkat tajam.

Faktor eksternal

Selain faktor biologis, yang mempengaruhi suasana hati saat hamil adalah faktor eksternal yang membuat ibu hamil semakin emosional. Biasanya pemicunya adalah kejadian yang dialami selama kehamilan, misalnya hubungan dengan pasangan dan kondisi ekonomi.

Depresi selama hamil

Stres dan depresi selama kehamilan dapat menurunkan rasa percaya diri dan tingkat komunikasi dengan pasangan. Agar tidak depresi, ibu hamil harus selalu berbagi dengan suaminya tentang apa yang dia rasakan. Cara ini dapat membantu mengurangi stres yang dapat mempengaruhi mood ibu hamil.

Baca Juga : Cara Menangani Sindrom Baby Blues

Cemas menjadi ibu baru

Ibu hamil kadang merasa cemas dan bingung bagaimana merawat dan membesarkan bayinya setelah lahir nanti. Perasaan ini akan semakin membebani pikiran saat ibu mengalami pengalaman baru beberapa minggu setelah persalinan.

Tes selama kehamilan

Kecemasan ibu hamil juga dapat dipicu oleh hal-hal medis seperti pemeriksaan kesehatan yang harus dijalani. Beberapa tes, seperti screening dan USG, dapat menimbulkan kekhawatiran tersendiri yang menyangkut kondisi kesehatan jabang bayi. Namun, hasil tes yang baik akan meredakan kecemasan ibu hamil dan memberikan emosi positif.

Mengatasi perubahan suasana hati saat hamil

Untuk mengatasi perubahan suasana hati saat hamil yang berlebihan, ada beberapa tips yang dapat ibu lakukan:

  • Mengatur kegiatan agar tidak membuat ibu semakin terbebani
  • Mengkuti kelas khusus ibu hamil seperti kelas yoga, kelas meditasi, dan pijat yang dapat melemaskan otot-otot selama kehamilan
  • Banyak beristirahat
  • Berjalan-jalan
  • Mengisi waktu luang dengan membaca buku, khususnya buku tentang kehamilan yang akan menambah pengetahuan dan membantu ibu mengatasi perubahan yang akan terjadi selama kehamilan.
  • Mengonsumsi makanan bernutrisi dan menjalankan pola makan yang teratur, sehat, dan seimbang.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *