Perawatan Bayi

PIJAT BAYI YANG DISARANKAN

Selain waktu menyusui ASI, waktu yang sangat intim antara ibu dengan bayinya adalah saat memberikan pijatan bayi. Benar kalau ada pemijat khusus bayi, tapi sebenarnya sebagai seorang ibu, Anda bisa melakukannya sendiri. Anda bisa mempelajari tentang pijat bayi yang disarankan, sehingga Anda tidak membutuhkan orang lain untuk melakukan ini.

Sebelum mengupas lebih dalam, ada yang harus Anda ingat, bahwa memijat bayi tidak sama ketika Anda memijat anak yang sudah memiliki tulang kuat. Meskipun tentu saja, memijat anak juga tidak boleh dilakukan sekeras Anda memijat tubuh orang dewasa. Tulang-tulang dengan perbedaan usia antara bayi, anak-anak, dan dewasa berbeda. Yang sangat lunak, pasti Anda mengetahuinya. Ya, di usia bayi.

Untuk mendalami mengenai pijat bayi yang disarankan, sebenarnya Anda bisa mencari tahu kelas khusus pijat bayi dan mengikuti kelasnya. Di sana akan diberikan pelajaran mengenai cara Anda memberikan pijatan pada bayi yang sangat bermanfaat, karena pijatan itu mampu membantu bayi Anda tertidur pulas, jarang menangis, dan peredaran darahnya meningkat baik. Selain itu, berat badan anak Anda juga bisa naik dan pencernaannya menjadi lancar.

Mengenai kapan tepatnya pijat bayi yang disarankan, bisa Anda lakukan ketika bayi Anda sedang tidak menangis, tepatnya saat dia tenang. Pastikan juga kalau bayi Anda tidak dalam keadaan lapar atau kenyang, karena ini akan tidak baik untuknya. Pertama, bayi yang sedang lapar cenderung merajuk, jika keadaan ini dipaksakan bisa berbahaya pada uratnya. Kedua, bayi yang sudah kenyang kalau tetap dipijat, khawatir muntah, apalagi pijatan di area perut.

Baca Juga: Tips Spa Bayi Dilakukan Sendiri Di Rumah

Nah, waktu yang disarankan adalah sebelum tidur malam. Pijatan ini sangat bisa merilekskan tubuhnya karena seharian dia bergerak, juga mampu membuatnya terlelap. Sehabis mandi juga sangat disarankan. Hanya saja, hentikan ketika bayi Anda sudah menangis. Anda bisa lanjutkan keesokan harinya.

Beberapa benda yang harus Anda siapkan kalau ingin memijat bayi adalah baby oil, alas untuk meletakkan bayi, dan handuk. Cara pijat bayi yang disarankan dimulai dengan paha ke arah betis, lalu pergelangan kaki, jari kaki dan telapak kaki. Setelah itu, pindah ke bagian lengan atas. Pijat ke arah bawah, pergelangan tangan. Dilanjutkan ke bagian dada ke arah luar terlebih dahulu, baru dilanjutkan dada ke arah bawah. Terakhir adalah bagian tubuh belakangnya. Dari leher ke arah pantat, dan dilanjut sampai ke kaki.

Pijat bayi yang disarankan pun selesai dalam keadaan bayi terlelap. Jangan bangunkan dia, tapi posisikan tubuhnya perlahan kembali ke posisi awal. Lalu Anda bisa memakaikan popok dan baju supaya bayi Anda tidak masuk angin. Selamat mencoba, semoga Anda dan bayi Anda memiliki waktu berdua dalam pijatan kasih sayang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *