Perlengkapan Bayi

Pilih Baju Bayi yang Tepat Demi Keamanan dan Kenyamanan Buah Hati

Salah satu anugerah terindah bagi pasangan suami istri adalah dengan bisa memiliki bayi. Tentunya para pasangan sudah menantikan kelahiran bayinya dalam masa tertentu. Perjuangan sang Ibu saat hamil akan terbayarkan sudah ketika bisa melihat anak lahir dengan sehat. Pasti Anda sebagai pasangan suami istri sudah menyiapkan berbagai macam hal demi menyambut buah hati seperti perlengkapan mandi, perlengkapan tidur dan pastinya baju bayi.

baju bayi murah

Memilih baju untuk bayi memang gampang-gampang susah lantaran Anda harus berhati-hati dan lebih cermat dalam pemilihan bahan dan juga ukurannya, apalagi bagi bayi yang baru lahir. Bisa saja kesalahan kecil membuat bayi terkena iritasi, alergi dan lain sebagainya. Untuk itu pastikan pemilihan bahannya yang lembut sehingga membuat bayi bisa nyaman memakainya.

Tips Memilih Baju Bayi Yang Nyaman untuk Buah Hati Anda

  1. Hindari membeli baju berbahan polyester atau nylon karena bahan tersebut kurang bisa menyerap keringat dengan maksimal. Jika sudah begini, maka bisa dipastikan bayi akan berkeringat secara berlebihan sehingga membuatnya kegerahan dan tidak nyaman. Selain itu keringat yang merembes ke bagian kulit dan saat keadaan pori-pori kulit tersumbat bisa menyebabkan biang keringat. Pemilihan baju berbahan katun lebih disarankan.
  2. Usahakan untuk tidak membeli baju yang terlalu pas pada badan bayi meskipun modelnya sangat bagus dan lucu. Terkadang beberapa baju yang terlalu pas bisa menekan daerah seperti leher, lengan, perut, ketiak dan juga selangkangan bayi. Hal ini cukup berbahaya karena kulit bayi masih sangat tipis sehingga mudah terluka dan iritasi. Baju yang terlalu pas juga membuat bayi tidak bebas bergerak. Lebih baik memilih baju dengan satu ukuran lebih besar. Selain bisa lebih tahan lama dipakai, bayi juga akan lebih nyaman karena cukup longgar.
  3. Bagi orang tua yang memiliki bayi dengan usia kurang dari 6 bulan, maka hindari membeli baju bayi dengan kancing besar di bagian belakang. Hal ini lantaran bayi dengan usia 3 bulan atau lebih terkadang bayi masih belum bisa tengkurap. Jika Anda memakaikan baju dengan kancing besar di bagian belakang, sedangkan bayi hanya mampu berada pada posisi telentang, tentu saja hal ini bisa menyakiti bayi Anda. Memilih pakaian dengan kancing depan akan lebih bijak.
  4. Kini model baju untuk bayi sudah sangat beragam, bahkan ada yang berkerah. Namun lebih baik untuk menghindari model pakaian berkerah karena bisa beresiko membuat leher bayi gatal. Baju dengan model ini juga cenderung bisa membuat bayi lebih mudah berkeringat sehingga mengganggu kenyamanan.
  5. Saat ini baju dengan model kerutan sedang populer di kalangan anak-anak. Meski begitu baju model tersebut kurang cocok digunakan untuk bayi karena kerutan tersebut bisa saja terlalu menekan pada bagian tubuh tertentu. Namun jika Anda memang ingin memilikinya, maka pilihlah baju dengan kerutan lebar.
  6. Pakaian dengan karet elastis di beberapa bagian seperti pergelangan tangan, pinggang atau paha memang lucu, namun lebih baik hindari model ini karena karet tersebut beresiko menyakiti bayi. Karet yang terlalu sempit, akan mengganggu peredaran darah bayi.

Memilih model baju bayi yang sederhana dengan kancing kecil berada di depan seperti pada umumnya lebih disarankan demi kenyamanannya. Usahakan untuk memilih baju berkancing daripada kaos bagi bayi karena baju yang bisa melewati kepala beresiko menyakiti kepala bayi mengingat tulangnya belum cukup kuat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *