Tips dan Trik

Pilihan Makanan Sehat Pendamping ASI Bagi Tumbuh Kembang Buah Hati

Pemberian makanan pendamping air susu ibu (ASI) pada bayi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh para ibu dalam memberikan makanan pendamping ASI tersebut. Tahap pertama yaitu pada enam bulan pertama bayi cukup mengkonsumsi air susu ibu (ASI) saja untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Setelah bayi berusia enam bulan pemberian air susu ibu (ASI) harus didampingi dengan makanan pendamping ASI karena pada tersebut air susu ibu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi si buah hati. Hal tersebut didukung dengan pernyataan para ahli yang mengatakan bahwa setelah memasuki usia 6 bulan, bayi sudah mampu untuk mencerna dan memroses makanan padat. Oleh karena itu pengetahuan ibu sangat diperlukan dalam menentukan pilihan makanan sehat pendamping ASI bagi tumbuh kembang buah hati. Berikut ini beberapa makanan pendamping ASI yang bisa dijadikan pilihan bagi buah hati anda:

Pilihan Makanan Sehat Pendamping ASI Bagi Tumbuh Kembang Buah Hati

  • Sayuran.

  • Bayam.

Sayuran yang mempunyai daun berwarna hijau gelap ini sangat cocok untuk dikonsumsi buah hati anda karena didalamnya terkandung zat besi dan folat yang tinggi dan baik buat kesehatan bayi.

  • Brokoli

Brokoli juga baik untuk dijadikan makanan sehat bagi buah hati anda. Di dalam brokoli terkandung sulfur, kalsium, serat, anti kanker dan folat yang bisa mendukung tumbuh kembang bagi buah hati anda. Selain itu keunikan rasa brokoli bisa membuat bayi mengenal berbagai jenis rasa.

  • Buah – buahan.

Banyak sekali buah- buahan yang bisa dijadikan makanan sehat bayi seperti :

  • Jeruk Mandarin.

Jeruk mandarin yang kaya akan kandungan vitamin C dan zat antioksidan sangat cocok dijadikan sebagai makanan penutup.

  • Labu.

Selain memiliki rasa manis alami dan bertekstur lunak, buah labu ini mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan bayi .

Baca Juga:Bayi Sehat Harus Makan Makanan Organik, Benarkah?

  • Alpukat.

Tekstur dan rasa yang lembut dari buah ini sangat cocok untuk dijadikan makanan bayi yang baru memulai makan makanan semi padat. Selain itu buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa mendukung kesehatan bayi anda.

  • Buah Bit.

Rasanya yang manis dan lezat ditambah dengan kandungan zat seperti beta karoten, folat dan potassium sangat cocok untuk kebutuhan gizi dan nutrisi bagi buah hati anda.

  • Sereal.

Sereal mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Pada saat bayi menginjak usia 6 bulan kandungan zat besi yang terkandung didalam tubuh akan semakin menipis sehingga bayi sangat membutuhkan zat besi untuk mendukung kesehatan bayi tersebut. Jenis sereal yang cocok untuk bayi adalah sereal yang berbahan dasar beras, gandum atau oatmeal.

  • Daging.

Daging ayam, sapi atau domba mengandung berbagai macam zat – zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi seperti zat besi, protein,vitamin B6, riboflavin, zinc dan niasin. Haluskan daging supaya mudah dicerna dan bayi tidak tersedak.

Beberapa jenis makanan sehat di atas bisa dijadikan pilihan bagi kaum ibu untuk mendukung tubuh kembang buah hati anda. Penyajian yang benar dapat membuat buah hati anda merasa nyaman dan menikmati makanan tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *