Seputar Ibu Menyusui

Posisi Menyusui Bayi Kembar Yang Nyaman Dan Aman

Memiliki bayi kembar tentu sangat menyenangkan, akan tetapi memiliki bayi dua sekaligus membutuhkan persiapan dan perawatan yang ekstra dibandingkan anak tunggal. Aktivitas yang tidak lepas dari perawatan bayi adalah menyusui.

Pemberian ASI dilakukan selama 6 bulan lalu dilanjutkan dengan pemberian Mpasi. Walaupun demikian pemberian ASI sesuai dengan kebutuhan bayi adalah sampai 2 tahun. Memberikan ASI dua bayi sekaligus terkesan susah dan repot, akan tetapi jika sudah tahu triknya akan mudah dan nyaman.

Berikut ini cara menyusui bayi kembar yang membuat ibu dan kedua buah hati lebh nyaman dan aman yang bisa Anda coba praktekkan.

Menyusui Dengan Cara Menggendong

Cara menyusui dengan cara menggendong atau the cradle hold tidak mudah. Ibu harus memiliki cara sendiri agar bayi merasa nyaman. Saat menyusui bayi harus merasa nyaman karena mempengaruhi kelancaran proses saat menyusui. Ibu bisa memeluk kedua buah hati dengan posisi kepala yang ditempatkan pada lekuk tangan, lalu arahkan bayi untuk mendapatkan ASI dari putings usu sebelah kanan. Lakukan cara ini bergantian.

Menyusui Dengan Posisi Menyangga Kepala

Posisi menyusui berikutnya yang nyaman dan aman adalah dengan menyangga kedua kepala bayi menggunakan telapak tangan atau the clutch or football hold. Menyusui dengan posisi ini, tubuh bayi diselipkan di bawah kedua payudara bagian kanan jadi Anda akan memegang dengan tangan yang kanan.

Baca Juga: 5 Langkah Menyusui Bayi Kembar

Sedangkan jika memberikan ASI pada payudara kiri, maka pegang bayi dengan tangan kiri. Anda bisa meletakkan bayi di bagian atas bantal atau dipangkuan, lalu sangga bagian bahu, leher dan kapala bayi dengan menggunakan kedua tangan. Arahkan mulut bayi ke puting susu, biarkan kaki bayi menjulur ke belakang.

Menyusui Dengan Posisi Menggendong Dan Menyangga Kepala

Posisi gabungan antara menggendong dengan menyangga kepala adalah dengan cara satu bayi digendong sedangkan bayi yang satunya menyusui dengan cara menyangga kepala. Lakukan cara ini dengan bergantian agar bayi Anda nyaman dan proses pemberian ASI lebih lancar.

Pada dasarnya kunci memberikan ASI pada bayi kembar adalah kenyamanan ibu itu sendiri saat memberikan ASI sehingga bisa lebih rileks. Agar tidak pegal punggung bisa gunakan bantal untuk menyangga atau menimang bayi. Selain mempertimbangkan kenyamanan, pastikan bayi aman saat menyusui.

Memberikan ASI pada bayi kembar memerlukan adaptasi yang lebih lama dibandingkan dengan bayi tunggal. Saat memberikan ASI kedua bayi, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makan makanan yang mengandung kalsium, vitamin, protein, kalori, mineral dan zat lainnya yang diperlukan agar ASI yang diberikan menjadi lebih berkualitas. Dengan memberikan ASI eksklusif sangat membantu tumbuh kembang bayi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *