Tips dan Trik

Prosedur yang Harus Diketahui untuk Melakukan Bayi Tabung

Bagi pasangan yang sudah menikah dalam waktu yang lama tetapi belum dikaruniai seorang anak, sekarang ini mempunyai banyak cara untuk dapat mendapatkan buah hati yang didambakan. Setelah mengecek di rumah sakit dan ditemukan beberapa kendala dan diketahui alasan mengapa pasangan susah untuk memiliki anak. Maka proses selanjutnya adalah pasangan dapat untuk memilih proses kehamilan yang ditawarkan seperti dengan program yang banyak digunakan oleh masyarakat yang susah memiliki keturunan saat ini yaitu program bayi tabung.

Program ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pasangan untuk mendapatkan keturunan dan melalui proses yang normal yaitu hamil dan melahirkan. Proses ini sendiri sekarang mulai populer dan menjadi pilihan ampuh untuk pasangan yang ingin mendapatkan keturunan. Terutama untuk pasangan yang susah dan menunggu kehadiran buah hati dalam rumah tangganya dalam waktu lama. Proses ini sendiri dikenal dengan IVF atau vitro fertilization. Dimana maksudnya adalah sebuah program yang dirancang untuk proses kehamilan dimana sel telur dibuahi oleh sperma dari pasangannya yang dilakukan di luar tubuh yaitu menggunakan media tabung.

Pada dasarnya prosedur untuk melakukan program bayi tabung ini adalah sebagai berikut:

  • Merangsang tubuh wanita dengan melakukan suntik hormon untuk dapat memproduksi sel telur.
  • Melakukan pengujian tes darah untuk mengambil sel telur.
  • Mencari folikel dalam rahim wanita dengan metode ultrasound yang berlangsung selama lebih kurang setengah jam.
  • Melakukan pertemuan antara sel telur wanita dan juga sperma dari pasangan dan menyimpannya di dalam klinik untuk dapat melakukan pemantauan perkembangan.
  • Setelah embrio jadi maka akan dimasukkan dalam rahim wanita.

Setelah melakukan prosedur tersebut, biasanya dokter akan menyarankan untuk wanita melakukan tes kehamilan. Biasanya hal tersebut akan segera menunjukkan hasilnya bahkan dalam waktu cukup singkat setelah embrio ditanamkan dalam rahim yaitu dalam jangka waktu 2 minggu saja. Program ini sendiri hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk menunjukkan hasilnya. Adapun beberapa hal yang bisa untuk menentukan faktor kebersihan program ini adalah:

  • Faktor usia yang pas yaitu dari umur 23 hingga 39 tahunan.
  • Berat badan yang ideal dari wanita yang melakukannya.
  • Tidak mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, dan lainnya.
  • Menghindari stres.
  • Kualitas embrio dan juga riwayat kehamilan sebelumnya.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh masyarakat atau pasangan sebelum melakukan program ini. Dengan mengetahui prosedur yang akan terjadi, maka masyarakat akan bisa mempersiapkan diri dan juga harus berkonsultasi kepada dokter ahli untuk melakukannya. Beberapa informasi mengenai program bayi tabung penting diketahui agar pasangan dapat untuk mempersiapkan mental dan juga materi ketika akan memilih jalan untuk mendapatkan keturunan dengan proses dan program ini.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *