Seputar Ibu Menyusui

Punya Bayi Kembar? Jangan Asal Menyusuinya, Ingat 4 Hal Berikut!

Hampir semua pasangan suami istri mendambakan memiliki bayi kembar yang mana memiliki anak kembar sangatlah lucu dan menyenangkan. Bagi Anda yang sudah memiliki anak kembar, maka jangan sembarangan dalam memberikan asi. Sedangkan asi adalah asupan gizi yang sangat penting sekali untuk bayi, sehingga pastikan bahwa Anda menyusuinya dengan baik.

Punya Bayi Kembar? Jangan Asal Menyusuinya, Ingat 4 Hal Berikut!
Punya Bayi Kembar? Jangan Asal Menyusuinya, Ingat 4 Hal Berikut!

Wajah bayi yang lucu mampu membuat orang-orang terkesima, terlebih lagi dengan kesamaan wajahnya yang mampu memberikan kesan yang unik. Meskipun memiliki anak bayi dibilang cukup asik, namun kenyataannya merawat anak kembar tidaklah semudah apa yang Anda bayangkan. Tentunya orang tua akan mengalami banyak kesulitan dalam merawat 2 bayi sekaligus, khususnya bagi ibu yang harus menyusui kedua anak kembarnya dengan baik dan harus bisa memenuhi kebutuhan gizi bayi dengan sempurna mungkin.

Pemberian ASI eksklusif memang harus dilakukan sampai bayi berusia 6 bulan, dan ASI adalah makanan utama untuk bayi. Sehingga para ibu akan dituntut untuk memberikan ASI secara rutin pada bayinya. Untuk Anda yang merasa kerepotan karena harus menyusui bayi kembar Anda, maka Anda dapat untuk mengikuti beberapa tips yang ada di bawah berikut ini agar Anda tidak lagi merasa kerepotan, yaitu sebagai berikut ini:

  • Posisi menyusui.

Posisi menyusui yang paling nyaman yaitu dengan menyangga kepala bayi. Anda dapat untuk menyangga dua kepala bayi menggunakan telapak tangan dan untuk tubuh bayi dapat Anda selipkan dibagian bawah kedua tangan Anda. Anda juga bisa untuk menyangga dengan bantal maupun dipangkuan.

  • Menyusui dalam waktu bersamaan.

Menyusui bayi Anda secara bersamaan juga dapat untuk Anda lakukan untuk menghindari serta mencegah adanya rasa cemburu antara bayi Anda yang satu dan bayi yang satunya, bahkan menyusui kedua bayi sekaligus juga akan menghemat tenaga dan waktu.

  • Menyusui dengan payudara bergantian.

Hindari menyusui bayi dengan payudara yang sama dalam waktu lama, hal ini bertujuan agar produksi ASI Anda tetap dalam kondisi yang seimbang.

  • Memompa ASI.

Jika Anda merasa lelah untuk menyusui bayi, maka Anda dapat untuk memompa ASI, sehingga pada saat Anda merasa lelah maka Anda tidak harus menyusui melalui payudara Anda, melainkan Anda dapat memberikan botol susu pada buah hati Anda.

Pada dasarnya dalam hal memberikan ASI pada bayi kembar Anda haruslah memperhatikan pada kenyamanan dari bayi Anda tersebut. Jangan sampai bayi Anda merasa kurang nyaman selama menyusui pada Anda. Sebagai ibu menyusui agar produksi ASI juga tetap baik dan mampu mengandung banyak gizi untuk buah Anda, maka Anda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, gizi, nutrisi dan makanan lainnya yang memang dibutuhkan untuk bayi Anda, dengan begitu bayi Anda akan dapat tumbuh sehat dan cerdas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *