Tips dan Trik

Rawat Bayi Prematur dengan Cara Berikut Ini Agar Tetap Bisa Tumbuh dengan Normal

Kelahiran buah hati tentu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Namun terkadang waktu kelahiran ini bisa saja meleset sehingga lahirlah bayi prematur dimana bayi ini umumnya lahir sebelum usia kelahiran hingga 37 minggu. Dibanding bayi yang lahir setelah 9 bulan di dalam kandungan, maka pada bayi yang prematur ini resiko kesehatannya juga lebih tinggi. Itulah mengapa setiap orang tua yang memiliki bayi yang prematur maka harus bisa merawatnya secara lebih ekstra.

Umumnya bayi yang prematur memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibanding bayi lahir normal. Ketika lahir pertama kali, bayi yang prematur hanya memiliki lemak yang sedikit sehingga Anda wajib untuk menjaga panas di tubuh si bayi agar dirinya tidak kedinginan. Selain itu, kesulitan bernafas juga mungkin dialami si kecil sehingga Anda patut waspada. Selain masalah kesehatan, tumbuh kembang pada bayi yang prematur juga perlu diperhatikan dengan benar sehingga Ia tetap bisa tumbuh secara normal.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat bayi prematur:

  • Metode kanguru

Metode kanguru ini bisa bermanfaat dalam menjaga panas pada tubuh bayi serta mendorong bayi untuk bisa menyusu kepada ibunya dengan baik. Metode ini tak hanya bisa Anda lakukan ketika masih di rumah sakit, namun juga bisa dilakukan setelah Anda sudah sampai ke rumah. Tak hanya Ibu, Ayah pun bisa mencoba menggunakan metode ini.

  • Menyusui

ASI adalah makanan paling sempurna yang bisa didapatkan bayi. Di dalam ASI mengandung ragam jenis nutrisi yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Belum lagi adanya antibodi untuk melindungi dirinya dari infeksi. Untuk itu, jangan sampai melewatkan pemberian ASI kepada bayi Anda.

  • Pencegahan dari infeksi

Sistem kekebalan yang ada pada bayi yang prematur memang lebih rentan untuk terkena penyakit maupun infeksi. Untuk itu setiap orang tua sangat penting bisa menjaganya dari terkena infeksi misalnya dengan selalu mencuci tangan sebelum Anda memegang bayi, selalu bersihkan mainan dan seluruh ruangan hingga imunisasi secara teratur.

Baca Juga: Tips Merawat Bayi Baru Lahir dengan Benar

  • Kebutuhan tidur

Tidur adalah kebutuhan untuk bayi. Tidur yang lebih lama akan mampu membuat bayi yang prematur lebih sehat. Untuk menempatkannya, ada baiknya bayi dalam posisinya telentang sehingga bisa meminimalisir resiko terjadinya SIDS atau kematian mendadak

  • Selalu pantau

Kontrol tumbuh kembangnya selalu ke dokter setiap beberapa minggu sekali setelah Anda sudah di rumah. Dengan begitu dokter akan mampu menilai kesehatan si kecil.

Itulah beberapa tips dalam merawat bayi prematur. Memang di awalnya terasa akan sulit, namun setelah Anda melaluinya, semuanya akan menjadi kebiasaan dan lebih mudah. Jika ada masalah, pastikan segera berkonsultasi dengan dokter.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *