Tips dan Trik

Referensi Cemilan Bayi yang Sehat Nan Bergizi

Sebagian dari ibu yang memiliki bayi dalam tahap perkembangan dan mengenal makanan, memilih cemilan yang tepat adalah sebuah polemic sendiri. Cemilan bayi harus memiliki kriteria sehat dan bergizi. Namun, apakah semua cemilan memiliki kriteria tersebut? Inilah yang akan dibahas dalam artikel ini.

Referensi Cemilan Bayi yang Sehat Nan Bergizi

Perlu diketahui bahwa tidak semua cemilan bayi yang dijual di supermarket adalah terjamin keamanan dan gizinya. Lebih sering ditemukan di dalamnya mengandung zat kimia yang bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Dengan begitu, cara yang paling tepat untuk menghindari hal ini adalah dengan membuat cemilan sendiri di rumah. Selain mengetahui kandungan gizi yang diberikan, kita juga bisa mengkombinasikannya secara aman.

Referensi cemilan sehat nan bergizi

Berikut pilihan cemilan yang sehat dan bergizi, antara lain:

  • Roti. Cemilan ini bisa dikombinasikan dengan yoghurt, cokelat cair, maupun saus mustard. Pengaplikasian cemilan ini dapat membentuk kemampuan motorik bayi dengan mencelupkan roti ke dalam yoghurt atau saus yang telah disediakan. Selain itu, biarkan bayi memegang makanannya sendiri.
  • Buah segar. Pilihan yang satu ini sudah sangat familiar tentunya. Seperti diketahui bahwa buah tidak memiliki efek buruk pada sistem pencernaan. Namun sebagai saran, berikan buah yang manis dan segar, hindari memberikan cemilan buah yang masam dan berserat. Stroberi, manga, melon, dan jeruk adalah beberapa pilihan yang bisa jadi referensi. Selain warnanya yang mencolok, Anda bisa juga menyajikannya dengan dikemas menarik agar si kecil tertarik.
  • Keju. Anda bisa menyajikan keju yang dipotong kubis sebagai pendamping anak bermain. Selain itu, keju juga bisa diaplikasikan sebagai isian roti panggang maupun di-mix dengan buah. Keju sangat kaya akan protein yang dapat membantu tumbuh kembang anak.
  • Telur. Cemilan ini terbilang simple untuk disajikan. Selain lezat, telur juga kaya gizi yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Anda bisa mengkreasikan telur dalam penyajiannya. Seperti dibuat orak-arik, ataupun dipadukan dengan sayuran. Telur rebus bulat pun juga sudah cukup sedap untuk dinikmati bayi.
  • Ubi manis. Cemilan yang kaya akan vitamin A dan B6 ini sangat cocok untuk cemilan bayi Anda. Selain rasanya yang manis, ubi manis juga bisa diolah menjadi cemilan menarik, seperti keripik, dipanggang utuh, maupun di-mix dengan keju cair. Bisa juga dengan ditambahkan brokoli sebagai variasi.
  • Pasta. Pilihan yang satu ini bisa jadi cemilan unik. Anda bisa memilih pasta yang terbuat dari gandum utuh untuk memastikan kandungan gizinya. Biasanya pasta ini diolah dalam jumlah agak banyak, kemudian disimpan di kulkas, jika saatnya ngemil tiba, Anda bisa menghangatkannya. Sebagai variasi rasa, keju lumer sangat cocok untuk dijadikan topping.

Beberapa referensi cemilan bayi di atas diharapkan akan membantu orang tua dalam memberikan cemilan sehat nan bergizi bagi putera-puterinya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan selama pengolahan cemilan ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *