Tips dan Trik

Rekomendasi Mainan Bayi Usia 3 Tahun yang Tepat untuk Anda Berikan

Bayi 3 tahun merupakan usia yang banyak disebut sebagai golden age yang pertama dalam masa pertumbuhan. Dimana usia bayi 3 tahun bayi sudah bisa untuk melakukan berbagai hal dasar seperti sudah bisa untuk berbicara beberapa kata, sudah bisa berjalan hingga berlari, dan juga mempunyai kemampuan yang baik dan bisa ditingkatkan dengan berbagai jenis mainan yang bisa dipilih oleh orangtua. Ketika memilih mainan bayi untuk usia 3 tahun ini biasanya bisa untuk memilih mainan yang akan merancang kecerdasannya. Seperti dapat digunakan untuk belajar membaca, mengenal warna, dan juga berbagai hal yang dapat merangsang pertumbuhan otak anak usia 3 tahun. Contohnya saja beberapa rekomendasi mainan yang cocok diberikan untuk bayi 3 tahun adalah:

Rekomendasi Mainan Bayi Usia 3 Tahun yang Tepat untuk Anda Berikan

  • Puzzle

Jenis mainan pertama yang cocok digunakan untuk anak bayi yang baru berusia 3 tahun adalah puzzle. Anda bisa untuk memilih mainan ini karena akan dapat untuk merangsang kecerdasan bayi dalam melihat gambar dan menyelesaikan masalah menempatkan gambar pada pola yang tepat. Usia 3 tahun dirasa cocok sebagai mainan yang diberikan juga karena seperti yang telah disebutkan di atas bahwa usia 3 tahun ini bayi sudah mempunyai kemampuan dasar yang baik sehingga sudah mempunyai kecerdasan yang baik dan puzzle merupakan jenis mainan yang tepat untuk mengasah kecerdasan tersebut. 

  • Musik

Jenis mainan bayi selanjutnya yang cocok dipilih adalah yang berhubungan dengan musik. Bagi anak yang mempunyai usia 3 tahun bisa dikenalkan dengan alat musik seperti gitar atau ukulele yang mempunyai ukuran yang kecil. Selain itu juga bisa untuk memilih mainan musik harmonika, pianika, atau berbagai alat musik tradisional yang mudah untuk dimainkan. Usia 3 tahun ini menjadi usia yang tepat untuk diperkenalkan alat musik karena dapat untuk merangsang perkembangan otak dan juga akan lebih cepat dan mudah untuk belajar alat musik tersebut.

  • Bola

Dan jenis mainan lainnya yang bisa dipilih untuk anak usia 3 tahun adalah berbagai mainan dari bola. Misalnya salah satu jenis yang dipilih adalah lempar dan tangkap bola dengan berbagai ukuran. Selain itu juga bisa untuk memperkenalkan anak dengan bola basket, sepakbola, bowling, dan juga jenis sport lainnya. Jenis mainan ini akan mempunyai manfaat untuk daya konsentrasi dan juga penglihatan anak. 

  • Buku menggambar

Dan jenis mainan bayi yang bisa dipilih untuk diberikan pada anak usia 3 tahun adalah buku menggambar, buku dongeng, dan juga hal lainnya yang berhubungan dengan mengenal warna dan kata. Anda juga bisa untuk memberikan krayon dan buku gambar sehingga bisa untuk melatih kreatifitasnya untuk anak-anak mencoret dan mewarnai sesuai dengan imajinasinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *