Perlengkapan Anak

Rekomendasi Makanan Bayi 7 Bulan yang Tepat untuk Menaikkan Berat Badannya

Tumbuh kembang bayi tentu menjadi hal yang amat penting dan wajib selalu dipikirkan oleh tiap orang tua. Hal ini lantaran bayi menjadi bagian penting untuk kehidupan pasangan suami istri sehingga memastikan kesehatan bayi tentu sangat wajib. Jika bayi Anda sudah menginjak usia 7 bulan, maka Anda bisa memberikan makanan bayi 7 bulan sebagai tambahan ASI. Dengan demikian, maka nutrisinya akan dapat terpenuhi dengan baik.

Terkadang para Ibu sudah merasa memberikan banyak makanan yang bernutrisi dan bergizi. Meski demikian, ternyata berat badan bayi tak juga bertambah. Tentu saja hal ini membuat banyak orang tua sangat khawatir. Sebetulnya hal ini bukanlah hal yang harus Anda khawatirkan terlalu dalam karena sesungguhnya berat badan bertambah hanya satu faktor saja. Untuk yang harus difokuskan sebetulnya pada perkembangan bayi keseluruhan dan tak usah terlalu khawatir pada berat badan.

makanan bayi 7 bulan enak

Untuk bisa memberikan pedoman bagi para Ibu dalam kisaran berat badan bayi, maka berikut ini kisaran berat badan pada anak dengan masing-masing umur:

  • Bayi usia 0 sampai 3 bulan biasanya akan mengalami peningkatan berat badan dengan cukup signifikan mulai dari 175 gram hingga 210 gram.
  • Memasuki usia 5 bulan, maka berat badannya akan bisa naik sampai dua kali lipatnya.
  • Setelah itu, berat badan bayi akan naik dan mengalami peningkatan 400 gram sampai usianya 1 tahun.
  • Saat usia 1 tahun, berat badan bayi akan 3 kali lipat dari ketika dirinya dilahirkan.
  • Saat usia 2 tahun, berat badan bayi akan 4 kali lipat dari ketika dirinya dilahirkan.
  • Saat usia 3 tahun, berat badan bayi akan 5 kali lipat dari ketika dirinya dilahirkan.
  • Saat usia 5 tahun, berat badan bayi akan 6 kali lipat dari ketika dirinya dilahirkan.
  • Saat usia 7 tahun, berat badan bayi akan 7 kali lipat dari ketika dirinya dilahirkan.
  • Saat usia 10 tahun, berat badan bayi akan 10 kali lipat dari ketika dirinya dilahirkan.

Pedoman ini tentu saja bukan harus menjadi aturan baku karena berat badan bayi bisa diakibatkan karena banyak faktor lain. Umumnya berat badan dari anak pun bisa terpengaruh dari genetik. Untuk makanan bayi 7 bulan yang bisa bantu menggemukkan badannya, maka berikut ini rekomendasinya:

  • Susu – makanan pertama adalah susu dimana menjadi makanan utamanya. ASI tentu menjadi makanan yang paling disarankan untuknya. ASI eksklusif 6 bulan hingga usia 1 tahun akan sangat membantu si kecil.
  • Pisang – buah yang satu ini juga bisa diberikan pada bayi sehingga bantu naikkan berat badannya. Buah kaya vitamin ini sangat direkomendasikan terlebih di usianya ke tujuh bulan.
  • Pear – pear bisa jadi buah yang akan mampu membantunya berlatih untuk mengunyah makanan padat. Dengan kandungan B6 dan vitamin C maka akan sangat baik jika diberikan pada si kecil.
  • Ubi jalar – kukuslah ubi jalar untuk si kecil. Pastikan pilih yang manis karena akan bisa menjadi latihan makanan padat juga untuknya. Nutrisi yang ada di dalamnya pun amat baik sehingga sangat direkomendasikan.

makanan bayi

Jika Anda sibuk mempersiapkan makanan bayi 7 bulan, maka bisa juga membeli makanan yang sudah jadi lewat situs belanja online. Anda bisa memilih banyak jenis makanan untuk si kecil agar tak bosan. Namun jangan lupa juga untuk selalu cek lagi kandungan nutrisinya sehingga bisa maksimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *