Tips dan Trik

Saat Bayi Merangkak, Lakukan 4 Hal Ini Agar Tetap Aman

Memasuki usia sekitar enam bulan biasanya menjadi fase bayi merangkak dan Anda bisa menjumpai gerak-gerik si kecil yang ingin merangkak. Biasanya di usia empat bulan bayi sudah mulai belajar untuk tengkurap, kemudian bertambah lagi usianya beberapa bulan mereka akan mulai merangkak. Awalnya pelan dan dengan rangsangan yang tepat si kecil akan gesit saat merangkak. Rupanya selain merangsang kemampuan merangkak bayi dengan memberi mainan dan tummy time secara rutin. Ibu pun perlu memperhatikan keamanan bayi saat belajar merangkak.

 Saat Bayi Merangkak, Lakukan 4 Hal Ini Agar Tetap Aman

Agar si kecil tetap aman bebas resiko jatuh, kejepit kaki perabot, dan sebagainya maka perlu melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Menjaga kebersihan rumah,

Menjaga kebersihan rumah ketika si kecil sedang belajar merangkak sangatlah penting supaya nyaman dan aman. Lantai yang kotor dan terdapat kerikil meski kecil sudah membuat lutut dan telapak kaki si kecil tidak nyaman sehingga enggan merangkak. Ditambah ada resiko terjangkit kuman dan bakteri dari lantai kotor tadi maka wajib menjaga kebersihan lantai dan seisi rumah. Sehingga selama belajar merangkak si kecil tetap ceria dan tidak mudah sakit.

  • Jauhkan perlengkapan listrik dan stop kontak,

Perlengkapan listrik maupun stop kontak yang mudah dijangkau si kecil ketika dalam fase bayi merangkak sangat berbahaya. Baiknya mendapati si kecil sudah bisa merangkak meski baru sedikit segera saja merapikan semua perangkat elektronik. Sebab kabel yang menjulur bisa ditarik si kecil atau malah membuat si kecil tersangkut sehingga berbahaya. Sedangkan untuk stop kontak pastikan berada di titik yang sulit dijangkau bayi, kalau lokasinya terlalu ideal bisa ditutup dengan perabot.

  • Berikan batasan area yang boleh dijelajahi si kecil,

Di dalam rumah dijamin ada area-area tertentu yang terbilang tidak aman dijelajahi oleh si kecil yang belajar merangkak. Beri batasan yang jelas dengan memberi pintu palang di area berbahaya tersebut agar si kecil tidak bisa masuk ke dalamnya. Adapun area berbahaya ini ada beberapa sebut saja seperti dapur, kamar mandi, serta area rumah yang terdapat tangga. Area ini cenderung membahayakan si kecil jika masuk ke dalamnya, jadi beri pembatas untuk mencegah bayi masuk.

  • Menjauhkan semua barang berbahaya,

Bayi yang belajar merangkak bisa berpindah tempat dengan mudah dan lebih cepat, bagi ibu yang momong kalau berkedip sedikit bisa saja kecolongan. Maka untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya mulai membereskan semua barang berbahaya yang ada di rumah. Misalnya mengunci rapat lemari yang menjadi tempat menyimpan obat-obatan maupun benda tajam seperti kotak alat jahit maupun gunting. Menjadikan rumah lebih rapi dan tentunya membuat bayi merangkak jauh lebih aman.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *