Tips dan Trik

Saat-saat Tepat Memberikan Bedak Bayi untuk Putra-putri Anda

Perawatan bayi memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra karena bayi memang belum bisa melakukan apapun sendirian dan belum bisa mengatakan apa yang dibutuhkan dan diinginkannya. Oleh karena itu jika Anda memiliki putra-putri yang masih berusia bayi, memiliki semua perlengkapan dan peralatan bayi secara lengkap sangatlah dianjurkan agar bisa secepatnya di aplikasikan untuk merawat serta memberikan kenyamanan padanya. Salah satu perlengkapan bayi yang harus selalu ada adalah bedak bayi karena manfaatnya yang dibutuhkan.

Bedak bagi orang dewasa mungkin hanya menjadi alat aksesoris kecantikan saja, namun bagi bayi, bedak memiliki manfaat yang lebih urgent yaitu:

  • Menambah kelembaban kulit bayi.
  • Mencegah iritasi akibat gesekan dengan bahan pakaian bayi.
  • Mempercepat pengeringan area kulit yang basah akibat air pipis bayi.
  • Menambah keharuman pada bayi.
  • Mengurangi gatal-gatal.
  • Pada sebagian bedak mengandung aroma yang memiliki kekuatan therapi menenangkan bayi.

Karena banyaknya manfaat bedak bayi maka pemakaiannya bisa sesering mungkin sesuai dengan kebutuhannya. Pemakaian bedak pada bayi yang paling dianjurkan adalah:

  • Setiap sehabis mandi, dikombinasikan dengan pemakaian minyak kayu putih untuk menghangatkan bayi, kemudian diberikan bedak dan pakaian bayi.
  • Setelah bayi buang air besar atau kecil. Setelah dibersihkan kemudian ditaburi bedak pada bagian kelamin bayi.
  • Ketika terdapat bekas gigitan serangga untuk mengurangi gatal pada kulit bayi. Berikan bedak yang mengandung anti gatal.
  • Setiap kali berganti pakaian meski tidak melalui proses mandi.
  • Setiap kali berganti popok sekali pakai.

Baca Juga: 4 Hal Penting untuk Diketahui Ibu Sebelum Mengaplikasikan Bedak Bayi

Namun agar bayi Anda mendapatkan manfaat pemakaian bedak seperti yang disebutkan di atas, maka pastikan bedak yang digunakan adalah bedak khusus untuk bayi yang tidak mengandung bahan pengiritasi kulit maupun selaput lendir. Karena jika bayi menggunakan bedak orang dewasa atau yang mengandung bahan pengiritasi, bukan tidak mungkin justru kulit bayi akan mengalami iritasi, kemerahan, gatal dan juga bersin-bersin atau batuk karena bahan bedaknya ikut terhirup di saluran pernafasan. Pilihlah merk bedak bayi yang terpercaya untuk mendapatkan jaminan mutu dan kualitas sehingga bermanfaat bagi bayi Anda.

Agar tidak kelupaan menggunakan bedak bayi, maka selalu bawalah bedak tersebut dimanapun bayi dibawa pergi. Saat ini sudah banyak produk tas bayi yang memiliki kantung khusus untuk menempatkan bedak sehingga membuat Anda terbantu untuk mengingatnya. Bawalah juga tisu basah khusus untuk bayi dan minyak kayu putih sehingga penggunaannya bisa dikombinasikan dengan bedak ketika bayi buang air kecil atau besar. Gunakan juga kombinasi semua perlengkapan bayi tersebut saat bayi akan diganti popoknya terutama untuk penggunaan popok sekali pakai yang memiliki resiko iritasi lebih besar dari pada penggunaan popok kain.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *