Tips dan Trik

Sebenarnya, Seberapa Besar Kemungkinan Bayi Prematur Bertahan Hidup

Tak sedikit wanita yang mengalami masalah kesehatan selama masa kehamilannya sehingga membuat mereka harus melahirkan bayi dalam kondisi prematur. Bayi prematur sendiri adalah bayi yang lahir sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu. Kesempatan hidup bayi yang lahir secara prematur memiliki persentase yang berbeda-beda.

Sebenarnya, Seberapa Besar Kemungkinan Bayi Prematur Bertahan Hidup

Umumnya, bayi prematur yang lahir di usia kehamilan 34-36 minggu memiliki tingkat kesempatan hidup yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi yang lahir pada usia kehamilan kurang dari 34 minggu. Untuk lebih detailnya, simak ulasan lengkap mengenai kesempatan hidup bayi yang lahir secara prematur berikut ini.

Usia bayi lahir prematur yang memiliki kesempatan untuk bertahan hidup

Bayi prematur yang lahir di bawah usia kehamilan 34 minggu dengan memiliki berat badan yang tidak mencapai 1.500 gram, biasanya memiliki kemampuan beradaptasi terbatas karena tingkat kematangan organ tubuhnya masih sangat rendah.

Kebanyakan dokter memprediksi jika kesempatan hidup bayi yang lahir secara prematur lebih baik jika dilahirkan di usia kehamilan minimal 24 minggu. Karena usia ini menjadi titik batas ketika dokter akan menggunakan intervensi medis sebagai upaya penyelamatan hidup si bayi. Mengingat karena kelahirannya prematur, bayi prematur yang lahir di usia kehamilan 24 minggu membutuhkan intervensi medis yang tidak sedikit, salah satunya seperti ventilasi mekanis.

Peluang hidup bayi lahir prematur tergantung pada tingkat prematuritas

Hampir tidak ada bayi prematur yang lahir di usia kehamilan di bawah 24 minggu bisa bertahan hidup. Kemampuan hidup bayi yang lahir prematur tergantung pada usia kehamilan ke-berapa mereka dilahirkan. Bahkan tambahan waktu seminggu di dalam rahim pun bisa membawa pengaruh besar dalam kesempatan hidup bagi bayi.

Umumnya, bayi yang lahir mendekati usia 37 minggu lebih memiliki kesempatan hidup yang besar dibanding bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 28 minggu. Kehamilan masuk kategori cukup bulan jika berakhir di usia antara37-42 minggu.

Persentase harapan hidup bayi prematur berdasarkan usia kehamilan

Untuk lebih menyederhanakan penjelasan di atas, berikut ini ada tingkat harapan hidup bayi prematur berdasarkan usia kehamilan saat mereka dilahirkan.

  • Untuk bayi yang lahir prematur di usia kehamilan 23 minggu memiliki tingkat harapan hidup sebesar 17%
  • Untuk bayi yang lahir prematur di usia kehamilan 24 minggu memiliki tingkat harapan hidup sebesar 39%
  • Untuk bayi yang lahir prematur di usia kehamilan 25 minggu memiliki tingkat harapan hidup sebesar 50%
  • Untuk bayi yang lahir prematur di usia kehamilan 26 minggu memiliki tingkat harapan hidup sebesar 80%
  • Untuk bayi yang lahir prematur di usia kehamilan 27 minggu memiliki tingkat harapan hidup sebesar 90%
  • Untuk bayi yang lahir prematur di usia kehamilan 28-31 minggu memiliki tingkat harapan hidup sebesar 90-95%
  • Untuk bayi yang lahir prematur di usia kehamilan 32-33 minggu memiliki tingkat harapan hidup sebesar 95%
  • Sedangkan bayi yang lahir di usia kehamilan 34+ minggu memiliki harapan hidup hampir sama peluang hidupnya dengan bayi yang lahir di usia cukup bulan.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *