Tips dan Trik

Sedang Dalam Masa Menyusui Bayi? Inilah Nutrisi Penting untuk Para Ibu!

Tumbuh kembang anak adalah hal yang harus diperhatikan dengan baik oleh setiap orang tua. Dengan tumbuh kembang yang selalu diperhatikan, maka diharapkan anak akan bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas. Tentunya pertumbuhan anak ini bisa dipengaruhi dengan beragam faktor. Salah satu momen yang penting adalah masa menyusui. Itulah mengapa ketika menyusui bayi, nutrisi yang didapatkan oleh sang Ibu juga amat penting.

 Sedang Dalam Masa Menyusui Bayi? Inilah Nutrisi Penting untuk Para Ibu!

Dalam berbagai penelitian yang sudah dilakukan, menyusui anak bisa mendukung perkembangan saraf pada anak dan juga kognisinya. Menyusui pun bisa membantu perkembangan otak untuk bayi yang lahir dengan prematur dan sensitif. Penelitian bahkan menunjukkan jika anak yang diberikan ASI sampai usia lebih dari satu tahun bisa memiliki nilai bahasa di usia tiga tahun serta tes IQ di usia tujuh tahun dimana lebih tinggi dibandingkan anak yang diberikan ASI hanya sebentar saja. Namun, kecerdasan pada anak juga akan tetap dipengaruhi pada lingkungan rumah, kecerdasan Ibu dan juga pendidikannya.  

Nutrisi pada Ibu menyusui juga amat penting keberadaannya. Dengan makanan yang bernutrisi, maka para ASI yang dihasilkan pun akan lebih bernutrisi juga. Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan untuk Ibu menyusui bayi yang baik untuk keduanya:

  • Karbohidrat kompleks

Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks misalnya sereal, gandum utuh, sayur hingga buah segar adalah pilihan makanan yang terbaik. Energi yang bisa dihasilkannya pun bisa bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama dibanding jenis karbohidrat lainnya.

  • Protein

Untuk Ibu menyusui, protein juga amat penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Protein sendiri bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan mulai dari telur, susu dan produk olahannya, kacang, biji-bijian dan juga gandum utuh. Untuk sumber protein lain yang juga disarankan yakni dari ikan dimana juga memiliki kandungan lemak DHA, omega 3, hingga EPA dimana penting untuk tumbuh kembang mata dan juga otak dari bayi. Ikan yang direkomendasikan misalnya salmon, tuna, hingga seafood lain seperti udang dan kerang.

  • Lemak sehat

Ketika menyusui, para Ibu hamil juga dianjurkan dalam menghindari lemak yang tak sehat. Lemak tak sehat yang dimaksud misalnya lemak trans ataupun lemak jenuh. Biasanya lemak ini didapatkan dari beberapa sumber makanan seperti minyak kelapa, mentega, krim, daging dan masih banyak lagi.

  • Zat besi

Konsumsi makanan dengan kandungan zat besi misalnya saja kacang, sayur hijau hingga produk gandum utuh juga amat baik untuk para Ibu hamil. Untuk bisa bantu dalam hal penyerapannya, Anda dapat lengkapi makanan dengan kandungan vitamin C.  

Itulah beberapa rekomendasi makanan Ibu menyusui bayi yang bisa Anda jadikan referensi. Dengan Ibu yang sehat, tentu ASI pun akan baik bagi si kecil.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *