Tips dan Trik

Sediakan Makanan Bayi Umur 1 Tahun yang Tepat untuk Si Kecil, Inilah Rekomendasinya!

Seiring dengan tumbuh kembang si kecil, nutrisi yang dibutuhkannya pun pastinya juga akan kian banyak. Misalnya saja ketika bayi sudah mulai memasuki umur 1 tahun dimana di masa tersebut bayi sudah berganti konsumsi dari ASI kepada susu sapi. Anda pun sudah bisa memberikan ragam camilan padat untuknya, apalagi bayi yang sudah memasuki proses sapi. Meski sudah sangat banyak makanan bayi yang bisa jadi pilihan, tapi Anda juga harus memperhatikan benar asupan untuknya.

Sediakan Makanan Bayi Umur 1 Tahun yang Tepat untuk Si Kecil, Inilah Rekomendasinya! 

Di usia bayi 1 tahun, akan ada cukup banyak perubahan untuk pola makan yang dimiliki oleh si kecil. Berat badan bayi akan bisa tumbuh dengan amat cepat yakni mencapai tiga kali dari berat badan waktu lahirnya. Meski demikian, setelah itu nantinya akan ada kemungkinan berat badannya melambat dan selera makan darinya bisa berubah lantaran perubahan aktivitas yang dimilikinya. Tidak perlu terkejut jika Anda menemukan bayi yang awalnya sangat suka jenis makanan tertentu lalu kemudian di waktu lainnya justru menjadi tidak suka sama sekali.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan bayi usia 1 tahun yang bisa Anda jadikan panduan dan referensi:

  • Seafood menjadi makanan pertama yang bisa Anda berikan padanya. Caranya pun mudah. Anda hanya perlu mencampurkan ikan salmon bersama keju sebanyak 2 sendok makan. Jika sudah, padukan saja dengan kentang yang sudah ditumbuk.
  • Buah semangka sangat menyegarkan. Biarkan si kecil untuk mencobanya. Anda cukup menyajikannya dengan menghancurkan dua mangkuk semangka. Pilih semangka tanpa biji lalu tambah satu mangkok strawberry serta yoghurt secukupnya. Dinginkan lalu bisa diberikan kepada bayi.
  • Pisang menjadi andalan untuk para Ibu dalam memberikan makanan untuk bayinya ketika usia ini. Jika pisang saja terasa membosankan, maka bisa juga menambahkan dengan susu cokelat manis sehingga rasanya lebih manis.
  • Kacang-kacangan juga bisa diberikan pada bayi di usia 1 tahun. Namun pastikan kacangnya adalah kacang rebus misalnya kacang tanah atau kacang merah. Anda bisa menumbuknya, disajikan langsung atau dengan tambahan berupa yoghurt.
  • Panekuk dengan rasa manis nan lezat biasanya amat disukai si kecil. Jika terlalu sulit membuatnya sendiri, maka bisa menggunakan adonan dari panekuk instan. Jika sudah matang, tambah saja irisan buah atau yoghurt di atas panekuk tersebut.

Pilihan makanan bayi di usianya 1 tahun memang sudah cukup banyak dan bervariasi. Meski demikian, dalam hal waktu pemberian makanannya tetap harus disesuaikan. Untuk waktu yang direkomendasikan yakni tiga kali saat makanan utama dan juga 2 sampai 3 kali untuk makanan selingannya. Beri porsi makanan kecil lantaran perut bayinya masih kecil. Jangan berikan makan bayi dalam jumlah besar ketika waktu makannya karena perutnya masih belum siap menerima makanan banyak langsung.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *