Tips dan Trik

Sekilas Mengenai Ritual Potong Rambut Anak Ajaib dari Dieng

Wonosobo terkenal dengan dataran tinggi Dieng yang menyuguhkan pemandangan yang menawan. Ada dataran tinggi yang menyuguhkan cuaca dan juga udara dingin dan sejuk. Di tempat ini juga mempunyai banyak hal lain yang bisa dikerjakan dan dilakukan oleh masyarakat yang akan berkunjung kesana. Salah satu yang paling terkenal adalah proses pemotongan rambut gimbal dari anak ajaib yaitu yang terlahir dengan rambut gimbal sejak dini.

Biasanya anak-anak akan mempunyai rambut yang hampir sama dengan tekstur orangtuanya. Apabila orangtua mempunyai rambut lurus, maka ia juga akan mempunyai rambut yang lurus. Begitu juga apabila orangtua mempunyai rambut keriting atau bergelombang maka akan menurunkan pada anaknya juga. Tetapi ada pengecualian khusus untuk anak yang berasal dari dataran tinggi Dieng ini. Dimana mereka bisa mempunyai rambut gimbal yang memang sebagian kecil anak di Dieng akan mempunyai hal tersebut. Proses tersebut bisa datang sewaktu-waktu dan didapat apabila anak sudah berusia beberapa tahun.

Biasanya untuk anak ajaib dari Dieng yang mempunyai rambut gimbal tersebut akan mempunyai beberapa proses sebelum rambut tersebut tumbuh. Beberapa hal yang dialami sebelum munculnya rambut gimbal tersebut adalah:

Baca Juga: Obat Herbal Bayi untuk Mengobati Pilek dan Batuk

  • Biasanya anak akan mengalami sakit panas sebelum rambut tersebut muncul.
  • Apabila panas tersebut tidak turun, orangtua akan membawanya ke dokter, tetapi dari pihak dokter tidak menemukan alasan yang tepat mengapa anak sakit.
  • Setelah sakit panas, biasanya rambut gimbal akan tumbuh dan muncul pada kepala anak. Dan setelah tumbuhnya rambut tersebut, sakit yang diderita anak juga cenderung menghilang dan sembuh dengan sendirinya.

Bagi anak yang mempunyai rambut gimbal tersebut akan diadakan upacara khusus untuk memotongnya. Karena apabila dipotong sendiri anak akan mengalami sakit yang tidak diketahui penyebabnya. Acara pemotongan rambut gimbal pada anak di Dieng ini sendiri sekarang sudah dijadikan acara tahunan yang digelar rutin setiap tahun. Selain sebagai acara potong rambut untuk anak yang mempunyai rambut gimbal. Acara tersebut juga menjadi acara kebudayaan sehingga menarik banyak orang untuk menyaksikannya secara langsung. Upacara pemotongan rambut gimbal tersebut disebut dengan ruwatan karena dianggap akan membawa musibah kedepannya apabila tidak dipotong. Sehingga diadakan acara rutin tahunan agar dapat memotong rambut gimbal pada beberapa anak secara bersamaan.

Syarat untuk upacara pemotongan rambut gimbal untuk anak ajaib dari Dieng ini adalah sebagai berikut:

  • Memilih weton yang baik untuk upacara perhitungan dan pemotongan rambut tersebut.
  • Memenuhi semua keinginan dari anak sebelum akan diadakan prosesi pemotongan rambut tersebut.
  • Menggunakan sesaji saat upacaranya seperti tumpeng, ingkung ayam, gunting, beras, payung, tumpeng dengan segala hiasan, dan juga masih banyak ornamen lainnya.
  • Melakukan pemotongan rambut oleh dukun dan dilarung ke telaga warna.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *