Tips dan Trik

Sekilas Tentang Susu Formula

Kesempurnaan seorang wanita adalah ketika bisa menjadi seorang ibu. Dalam arti bisa mempunyai atau melahirkan seorang anak atau bayi. Dan akan lebih sempurna lagi kalau bisa memberikan ASI atau air susu ibu kepada bayinya. Pemenuhan nutrisi bayi memang sangat tergantung dari ibunya. Wajar karena memang bayi belum bisa mandiri. Tapi bila ASI tidak memungkinkan maka untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya bisa menggunakan susu formula. Kenapa? Untuk mengetahui jawabannya, anda harus tahu minimal sekilas tentang susu formula.

Sekilas Tentang Susu Formula

Susu formula adalah jenis susu yang digunakan sebagai pengganti asi dengan komposisi yang dibuat sedemikian rupa dari susu sapi agar mendekati  kandungan dari ASI. Menurut Wikipedia, susu formula pertama kali dibuat pada abad ke – 19 oleh ahli kimia Jerman bernama Von Liebig dan mulai dipasarkan pada tahun 1867. Petama kali dibuat dari campuran susu sapi, tepung terigu dan tepung malt.

Susu formula dibuat dengan melihat fakta dilapangan bahwa tidak semua ibu yang melahirkan bisa mengeluarkan ASI dengan lancar. Tidak sedikit yang mengalami kendala dengan tidak keluarnya ASI. Disisi lain kebutuhan dari bayi akan asupan nutrisi tidak bisa tidak dipenuhi. Pada perkembangannya, susu formula juga menjadi opsi bagi wanita atau ibu yang tidak dapat menyusui bayinya karena kesibukan. Dan penggunaanya karena si ibu terinfeksi penyakit yang berbahaya. Dikhawatirkan penyakitnya akan menular melalui ASI ketika menyusui. Contoh penyakit yang ditakutkan menular misalnya penyakit HIV/AIDS.

Baca Juga:Harus Move On dari ASI ke Susu Formula, Inilah Alasannya!

Meski disadari betul, susu formula tidak sesempurna atau sebaik ASI, tapi tidak bisa dipungkiri juga ini opsi terbaik. Setidaknya sampai saat ini. Hal positif nya bahwa susu formula terus disempurnakan melalui penelitian para ahli. Seperti yang dibilang sebelumnya, meskipun belum sesempurna ASI, susu jenis ini mempunyai manfaat sebagai berikut :

  • Mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh bayi

Susu jenis ini mengandung vitamin yang baik untuk pertumbuhan bayi. Kandungan gizi yang sehat dan seimbang sangat dibutuhkan oleh bayi.

  • Memberikan efek rasa kenyang lebih lama

Bayi yang meminum susu jenis ini, mempunyai daya tahan akan lapar lebih baik. Hal ini terjadi karena susu jenis ini cukup susah dicerna. Ini membuat proses perncernaan lebih lama dari normalnya. Akibatnya bayi merasa perutnya merasa penuh terus.

  • Rambut bayi bisa lebih tebal

Hal ini terjadi karena kandungan omega 3 dan omega 6 yang terdapat dalam susu jenis ini.

  • Merangsang perkembangan otak

Kandunga DHA, EPA, omega 3 dan omega 6 dalam susu jenis ini sangat baik untuk perkembangan otak  bayi anda.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh bayi

Kandungan FOS dan GOS sangat membantu peningkatan kekebalan tubuh bayi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *