Tips dan Trik

Seputar Ayunan Bayi, Pemilihan dan Penggunaannya

Perlengkapan bayi saat ini sudah sangat banyak macamnya, salah satunya adalah bentuk ayunan bayi yang seringkali digunakan untuk menenangkan bahkan menidurkan bayi saat bayi rewel atau susah tidur. Mekanisme ayunan yang pelan dan teratur membuat bayi serasa ditimang dan di dekap oleh ibu sehingga membuatnya merasa tenang dan mudah terlelap. Karena manfaatnya yang dibutuhkan para orang tua untuk membantu proses istirahat bayinya inilah, ayunan cukup banyak dicari oleh para pemilik bayi terutama yang bayinya baru berusia 5 hingga 1 tahun.

Ada beberapa jenis ayunan yang saat ini sudah banyak beredar di toko mainan atau toko perlengkapan bayi. Beberapa jenis diantaranya adalah:

  • Ayunan berbentuk box tidur bayi.

Ayunan ini sangat cocok bagi bayi yang belum bisa duduk. Biasanya menjadi satu kegunaan dengan tempat tidur bayi karena bentuknya yang menyerupai ranjang mini lengkap dengan pelindung samping agar bayi tidak terjatuh saat terlelap atau bangun.

  • Ayunan bentuk tali atau selendang.

Ayunan untuk bayi ini cukup murah meriah di pasaran. Bentuknya mirip ayunan pantai dengan dimensi yang lebih kecil. Namun berhati-hatilah saat meletakkan bayi di ayunan jenis ini karena bayi bisa saja terbangun dan bergerak yang membuat resiko jatuh menjadi tinggi.

Jenis ayunan bayi tersebut di atas merupakan ayunan model lama yang sudah ada di Indonesia sejak bertahun-tahun lalu. Di era modern ini sekarang ada model ayunan lain yaitu baby bouncer yang didesain untuk bayi yang sudah bisa duduk. Bentuknya seperti kursi goyang pada orang dewasa, namun tentu saja berukuran mini lengkap dengan pelindung semacam seat belt untuk mengikat bayi tetap pada tempatnya. Bentuk ayunan bouncer yang mini dan bisa dilipat ini membuatnya lebih portable dibandingkan dengan jenis ayunan sebelumnya sehingga kini lebih diminati.

Agar bayi lebih nyaman berada diayunannya, maka seringkali orang tua memasang mainan gantung di sekitar ayunan untuk dimainkan oleh sang bayi. Mainan gantung bisa dibuat sendiri atau membeli produk jadi yang sudah banyak dipasaran. Ada baiknya untuk memasang mainan, Anda membeli ayunan yang sudah memiliki tempat khusus untuk memasang mainan sehingga Anda tidak perlu memegangi atau membuatkan holdernya lagi.

Itulah beberapa jenis ayunan bayi yang banyak terdapat di toko perlengkapan bayi saat ini. bagi Anda yang ingin membeli satu ayunan untuk bayi Anda, maka pilihlah sesuai dengan usia sang bayi agar tepat guna dan aman untuk sang bayi. Selain sesuai dengan umur bayi, Anda juga bisa memilih sesuai dengan kegunaannya apakah akan digunakan sebagai tempat tidur atau hanya sebagai tempat bermain sementara. Untuk pemilihan warna bisa juga disesuaikan dengan jenis kelamin bayi agar bisa juga membangun karakteristiknya kelak.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *