Tips dan Trik

Seputar Dunia Bayi, Cara Menambah Berat Badan Bayi

Ada banyak hal menarik yang diulas seputar dunia bayi, salah satunya adalah tumbuh kembangnya. Pertumbuhan bayi seiring waktu selalu dan harus meningkat, salah satunya adalah berat badannya. Salah satu ciri-ciri bayi yang sehat adalah berat badannya terus bertambah, namun sebagian orang tua kadang masih bingung jika bayinya memiliki berat badan yang kurus dan bagaimana cara menambah berat badan yang baik.

Dalam artikel dunia bayi berikut ini kami akan berbagi informasi cara menaikkan berat badan bayi yang tepat. Langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Memberikan ASI

Makanan utama bayi hingga usia 6 bulan adalah Air Susu Ibu atau ASI. Sebaiknya ASI diberikan secara eksklusif yaitu tidak memberikan susu formula atau makanan tambahan lain selain ASI. Walaupun hanya diberikan ASI, biasanya bayi yang sehat berat badannya akan bertambah selama 6 bulan pertama.

Memberikan Mpasi

Saat usianya sudah memasuki 6 bulan, bayi sudah bisa diberikan Mpasi atau makanan tambahan ASI. Pemberian makanan tambahan harus dilakukan secara bertahap, yaitu dari makanan yang cair lalu mulai ke makanan yang kental. Hal ini karena organ pencernaan bayi masih sangat sensitif. Berikan Mpasi dengan bahan-bahan yang aman dan segar. Pada awal pemberian bisa diberikan mpasi dari bahan buah-buahan kemudian berlanjut ke sayuran. Anda bisa mengkombinasikan bahan-bahan yang digunakan agar bayi senang. Untuk panduan membuat Mpasi bisa Anda temukan di artikel yang lain pada website kesayangan Anda ini.

Baca Juga:a Tanda-tanda Bayi Sehat Rentang Usia 7-12 Bulan

Memberikan Minyak Dan Mentega

Salah satu cara menambah berat badan bayi yang lainnya adalah memanfaatkan mentega dan minyak zaitun. Cara ini bisa diberikan jika usia bayi sudah lebih dari 6 bulan. Misalnya: jika Anda memberikan Mpasi bubur saring yang bahan-bahannya terdiri dari daging, kentang atau sayuran lainnya. Bisa tambahkan 1-2 sendok teh minyak zaitun atau mentega cair ke dalamnya. Mentega cair dan minyak bisa memenuhi kebutuhan lemak pada tubuh bayi, artinya dapat membantu menambah berat badannya.

Memberikan Alpukat

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang baik dan dapat menambah berat badan bayi. Namun yang harus diperhatikan adalah jenis lemak seperti apa yang aman untuk bayi. Lemak dibagi menjadi dua jenis yaitu: lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Salah satu buah yang mengandung lemak tidak jenuh atau lemak yang baik untuk kesehatan adalah buah alpukat. Selain dapat dijadikan cara untuk menambah berat badan, memberikan alpukat pada menu makanan bayi bisa memberikan cita rasa yang berbeda pada makanan tambahan ASi.

Itulah beberapa jenis makanan bayi yang bisa digunakan untuk penambah berat badan. Sebenarnya masih banyak jenis makanan lainnya yang bisa Anda coba gunakan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat. Jangan ketinggalan membaca informasi lainnya seputar dunia bayi untuk menambah referensi dan pengetahuan Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *