Tips dan Trik

Serba-serbi Ruam Popok Pada Bayi yang Perlu Diketahui Setiap Orang Tua

Popok sudah pasti menjadi kebutuhan utama jika Anda memiliki bayi. Anda tentu harus selalu menyediakan popok dalam jumlah yang cukup. Dengan kehadiran popok, maka setiap orang tua akan mampu terbantu sehingga saat anak buang air kecil maka tidak harus selalu mengganti pakaiannya. Tapi perlu diketahui juga jika popok digunakan terlalu sering pun sebetulnya tidak baik karena bisa memunculkan ruam popok yang menyakiti bayi sehingga dirinya sering menangis dan rewel. Jika sudah demikian, maka pasti orang tua akan kebingungan dalam menghadapinya.

Umumnya ruam karena popok ini banyak terjadi di usia 9 hingga 12 bulan. Memang dapat diakui jika ruam karena popok cenderung sulit dihindari. Namun Anda boleh sedikit lega karena ruam ini bukanlah kondisi penyakit serius dan berbahaya sehingga mampu diatasi sendiri. Pada dasarnya ruam ini adalah peradangan di kulit bayi pada area tertentu yang tertutup oleh popok yaitu di sekitaran bokong bayi. Alasan terjadinya ruam ini diantaranya adalah:

  • Popok bayi kotor dan terlalu basah lantaran urin dan tinja.
  • Kulit bayi menjadi lebih sensitif lantaran adanya paparan bahan kimia di dalam popok.
  • Ruam juga bisa disebabkan karena infeksi jamur hingga bakteri.
  • Asupan makanan padat pun bisa jadi alasan.
  • Bayi sedang dalam konsumsi antibiotik atau dari pihak Ibu yang konsumsi antibiotik dan bayi masih menyusu darinya.

Jika memang bayi Anda sedang mengalami ruam popok sehingga terus menerus rewel, maka Anda juga perlu tahu cara penanganannya sehingga ruam tidak semakin menyebar. Berikut ini beberapa tips untuk merawat ruam karena popok pada bayi:

Baca Juga: Tips Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

  • Cuci selalu tangan Anda sampai bersih sebelum dan sesudah mengganti popok bayi.
  • Cek popok si kecil setiap berapa jam sekali. Pastikan untuk jangan biarkan popok terlalu basah, penuh atau kotor sehingga harus diganti secara lebih sering.
  • Sebelum Anda mengganti popok si kecil, pastikan jika kulit bayi harus dibersihkan lebih dulu memakai air bersih dan juga pembersih kulit khusus. Jika akan memandikannya, maka ada baiknya menggunakan air hangat.
  • Ketika muncul ruam, hindari menggosok ruam tersebut dengan bahan yang berpewangi dan beralkohol karena akan menyebabkan rasa sakit. Tepuk pelan saja dengan handuk lembut dan bersih.
  • Area ruam juga harus selalu bersih sebelum di pakaikan popok kembali.
  • Anda juga harus membiarkan bayi tidak memakai popok sesekali sehingga kulitnya bisa lebih bernafas dan tidak terlalu lembab.

Ternyata merawat ruam popok di kulit bayi tidak terlalu sulit bukan? Namun memang perawatannya butuh kesabaran karena penyembuhannya juga butuh proses. Jadi pastikan untuk selalu merawatnya dengan tepat sehingga proses penyembuhan ruam yang terjadi bisa lebih cepat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *