Perlengkapan Bayi

Sisi Positif Negatif Penggunaan Dot Bayi yang Wajib Diketahui Para Orang Tua

 

Dot bagi sebagian orang disebut juga dengan empeng. Biasanya empeng ini diberikan oleh orang tua atau pengasuh bayi saat bayi hendak tidur atau saat bayi rewel dan saat itu susu belum dibuatkan. Empeng atau dot bayi juga dipergunakan untuk mempermudah anak untuk tidur tanpa harus memberikan susu formula. Penggunaan empeng atau dot ini memiliki sisi positif dan negatif yang harus diketahui oleh para orang tua terutama yang baru memiliki anak pertama.

 Dari sisi positifnya, dot untuk bayi ini mampu membantu untuk menenangkan bayi saat rewel. Biasanya bayi akan menjadi lebih mudah rewel saat ia merasa lapar sehingga dengan adanya dot atau empeng yang diberikan ke bayi tersebut bisa memberikan kesan seperti bayi sedang minum susu dan bayi menjadi lebih tidur. Selain itu, dot atau empeng yang diberikan ke bayi bisa membantu bayi lebih mudah tertidur dan salah satu alasannya adalah karena bayi merasa nyaman.

Sisi Positif Negatif Penggunaan Dot Bayi yang Wajib Diketahui Para Orang Tua 

Kedua adalah membantu mengurangi resiko terjadinya bayi meninggal dengan mendadak yang disebabkan oleh SIDS atau sudden infant death syndrome. Akan tetapi penelitian mengenai sisi positif penggunaan dot bayi ini masih didalami. Ketiga adalah sebagai pengalih perhatian. Dengan menggunakan dot tersebut, Anda bisa mengalihkan perhatian anak di saat tertentu misalnya saat bayi harus di imunisasi.

Manfaat lainnya dari penggunaan dot atau empeng untuk bayi yaitu: 

  • Membantu bayi merasa lebih nyaman saat berpergian terutama saat menggunakan pesawat. Biasanya orang dewasa akan mengurangi ketidaknyamanan saat berpergian menggunakan pesawat karena perubahan tekanan udara yang menyebabkan nyeri telinga dengan mengkonsumsi makanan ringan. Sedangkan untuk bayi, bisa diberikan dot.
  • Melepas kebiasaan menggunakan dot akan lebih mudah diatasi dibandingkan dengan menghisap jari yang kerap dilakukan anak.

 Baca juga http://boxbayi.net/

Akan tetapi, penggunaan dot bayi juga memiliki sisi negatif terutama jika bayi Anda terlalu sering diberi dot. Sisi negatif tersebut diantaranya adalah: 

  • Dapat memicu gangguan telinga. Dari penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan jika bayi yang menggunakan dot atau empeng memiliki resiko yang lebih besar terkena infeksi telinga dibandingkan yang tidak menggunakan dot. Karena hal tersebut, disarankan bayi untuk tidak lagi menggunakan dot atau empeng setelah usia 6 bulan.
  • Dicurigai menjadi salah satu penyebab bayi memiliki masalah gigi terutama saat anak berusia di bawah 2 tahun. Jika penggunaan dot dilakukan hingga anak usianya lebih dari 2 tahun, maka anak beresiko mengalami masalah gigi yang menetap.
  • Jika diberikan secara terus menerus dan dalam jangka panjang, kemungkinan kebiasaan tersebut akan susah untuk dilepaskan dan akan menjadi masalah di kemudian hari terutama jika anak sudah masuk usia dimana ia harus sekolah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *