Perlengkapan Bayi

Susu Bayi dan Tips Pemilihan yang Perlu Diperhatikan

Bayi merupakan makhluk yang paling sensitif dalam berbagai hal, terutama pada saluran pencernaan mereka. pada umumnya hampir semua pakar kesehatan ibu dan bayi, akan lebih menyarankan bagi ibu untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi mereka hingga kurun waktu 6 bulan dari waktu kelahiran bayi. Pemberian ASI secara eksklusif ini, memang akan lebih bermanfaat bagi bayi, karena pada ASI inilah terkandung kolostrum yang berfungsi sebagai anti bodi alami pada tubuh bayi, yang memang tidak dapat digantikan oleh zat lainnya. Namun pemberian ASI secara eksklusif ini, tentunya tidak dapat dilakukan oleh semua ibu, terutama bagi mereka ibu yang memiliki keterbatasan dalam produksi air susu. Memilih untuk memberikan susu bayi tambahan, pastinya akan dilakukan sebagai jalan terbaiknya. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua susu khusus untuk bayi yang ada dipasaran aman untuk diberikan sebagai tambahan asupan ASI?

Untuk memilih susu khusus bagi bayi yang paling efektif, para pakar kesehatan tentunya akan menyarankan banyak ibu, yang memang memiliki tingkat produksi ASI terbatas, untuk memilih jenis susu non laktosa, dimana susu ini memang merupakan susu terbaik yang aman untuk pencernaan pada bayi dibawah 6 bulan. Selain itu susu non laktosa ini akan dapat menghindarkan bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan, untuk dapat terhindar dari adanya gejala allergen pada pencernaan yang dapat menimbulkan berbagai keluhan, karena memang pencernaan pada bayi tersebut belum terbentuk dengan sempurna.

Selain non laktosa, untuk memilih susu khusus untuk bayi ini, para orang tua haruslah memperhatikan berbagai hal terkait dengan susu tersebut. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan untuk melakukan pembelian dan pemilihan susu bayi tersebut, antara lain adalah:

susu bayi murah

  • Mintalah rekomendasi dari dokter anak Anda mengenai jenis susu formula terbaik yang dapat diberikan kepada bayi.
  • Belilah susu dalam ukuran yang kecil terlebih dahulu, dan pastikan bahwa bayi Anda meminum susu tersebut tanpa kendala, atau munculnya reaksi alergi pada tubuh mereka. Jika muncul reaksi alergi seperti kulit memerah, muntah ataupun diare, maka segera hentikan pemberian susu tersebut dan gantilah dengan jenis susu lainnya.
  • Pastikan Anda telah memeriksa masa berlaku susu, keutuhan kemasan serta kandungan gizi yang ada dalam susu formula bayi yang akan Anda beli.

Jika Anda mendapatkan bayi Anda mengeluarkan reaksi alergi dari pemberian susu yang Anda lakukan, maka beralihlah untuk tidak memberikan susu formula dengan bahan pembuatan utama dari susu sapi. Segeralah berkonsultasi dengan dokter anak, yang memang biasa menangani bayi Anda, dan mintalah rekomendasi untuk susu lainnya yang aman untuk diberikan kepada bayi Anda. susu dengan bahan dasar pembuatan dari sari kedelai, pada umumnya banyak dijadikan solusi pemberian susu bagi bayi yang memang alergi terhadap kandungan protein pada susu sapi.

Susu bayi dengan kadar laktosa yang rendah dan bahkan tanpa kandungan laktosa pun, kini dapat dengan mudah Anda temukan disajikan oleh berbagai situs belanja online yang ada di Indonesia. Bahkan tak tanggung-tanggung susu khusus untuk bayi yang disajikan oleh situs belanja online tersebut, disajikan dalam berbagai varian rasa dan merek, yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan susu untuk bayi Anda. Meskipun dapat Anda peroleh dengan harga yang murah, namun pemberian ASI akan lebih disarankan untuk Anda lakukan, mengingat ASI mengandung banyak zat gizi yang memang tidak dimiliki dalam kandungan susu formula lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *