Perawatan Bayi

TAHAPAN PEMBERIAN IMUNISASI BAYI

Memang ada perdebatan di kalangan orangtua yang memberikan imunisasi pada bayinya dan yang tidak. Alasan terbanyak mengapa bayi tidak diberikan imunisasi, karena banyak informasi menyatakan bahwa dengan memberikan imunisasi malah membuat bayi menjadi rentan sakit. Apalagi jika dibandingkan dengan bayi-bayi sebelum imunisasi ini muncul. Namun, banyak pula orangtua yang memilih memberikan imunisasi, dengan tahapan pemberian imunisasi bayi sesuai yang dianjurkan dokter maupun bidan.

Terdapat tahapan pemberikan imuniasi bayi yang lengkap dari mulai bayi itu baru 1 hari dilahirkan hingga usia 1 tahun. Jika belum diberikan imuninasi atau belum lengkap imunisasinya, maka tetap harus diberikan imunisasi dasar yang lengkap. Berikut adalah jadwal imunisasi yang bisa diberikan pada bayi hingga usia 1 tahun:

  • Vaksin HB 0

Diberikan ketika usia bayi baru dilahirkan 1 hari hingga hari ketujuh dari kelahirannya. Tapi vaksin ini tidak boleh diberikan pada hari kedelapan dari kelahirannya hingga bulan-bulan berikutnya.

  • Vaksin BCG

Waktu yang tepat untuk memberikan vaksin ini adalah ketika usia bayi sampai 2 bulan dan masih bisa diberikan sampai usia 11 bulan. Tapi tidak boleh diberikan saat usia bayi 12  bulan ke atas.

  • Vaksin Polio 1

Waktu yang tepat pemberikan vaksin ini dan waktu yang masih dibolehkan untuk memberikan vaksin ini seperti pemberian pada vaksin BCG. Kalau dalam 11 bulan bayi belum diberikan vaksin ini, maka pemberian vaksin bisa diberikan di usia 12 bulan ke atas.

  • Vaksin DPT/HB 1

Waktu yang tepat untuk memberikan vaksin ini adalah ketika usia bayi 2 bulan sampai 3 bulan dan masih bisa diberikan sampai usia 11 bulan. Tapi vaksin ini tidak boleh diberikan saat usia bayi baru dilahirkan sampai usia 2 bulan. Kalau dalam 11 bulan bayi belum diberikan vaksin ini, maka pemberian vaksin bisa diberikan di usia 12 bulan ke atas, seperti vaksin Polio 1.

Baca Juga: Manfaat Dan Efek Samping Imunisasi Bayi BCG

  • Vaksin Polio 2

Waktu yang tepat pemberikan vaksin ini dan waktu yang masih dibolehkan untuk memberikan vaksin ini seperti pemberian pada vaksin DPT/HB 1.

  • Vaksin DPT/HB 2

Waktu yang tepat untuk memberikan vaksin ini adalah ketika usia bayi 3 bulan sampai 4 bulan dan masih bisa diberikan sampai usia 11 bulan. Tapi vaksin ini tidak boleh diberikan saat usia bayi baru dilahirkan sampai usia 3 bulan. Kalau dalam 11 bulan bayi belum diberikan vaksin ini, maka pemberian vaksin bisa diberikan di usia 12 bulan ke atas, seperti vaksin Polio 1, DPT/HB 1, dan Polio 2.

  • Vaksin Polio 3

Waktu yang tepat pemberikan vaksin ini dan waktu yang masih dibolehkan untuk memberikan vaksin ini seperti pemberian pada vaksin DPT/HB 2.

  • Vaksin DPT/HB 3

Waktu yang tepat untuk memberikan vaksin ini adalah ketika usia bayi 4 bulan sampai 5 bulan dan masih bisa diberikan sampai usia 11 bulan. Tapi vaksin ini tidak boleh diberikan saat usia bayi baru dilahirkan sampai usia 4 bulan. Kalau dalam 11 bulan bayi belum diberikan vaksin ini, maka pemberian vaksin bisa diberikan di usia 12 bulan ke atas, seperti vaksin Polio 1, DPT/HB 1, Polio 2, dan Polio 3.

  • Vaksin Polio 4

Waktu yang tepat pemberikan vaksin ini dan waktu yang masih dibolehkan untuk memberikan vaksin ini seperti pemberian pada vaksin DPT/HB 3.

  • Vaksin Campak

Waktu yang tepat untuk memberikan vaksin ini adalah ketika usia bayi 9 bulan sampai 10 bulan dan masih bisa diberikan sampai usia 11 bulan. Tapi vaksin ini tidak boleh diberikan saat usia bayi baru dilahirkan sampai usia 9 bulan. Kalau dalam 11 bulan, bayi belum diberikan vaksin ini, maka pemberian vaksin bisa diberikan di usia 12 bulan ke atas seperti vaksin lainnya kecuali vaksin HB 0 dan BCG.

Demikian tahapan pemberian imunisasi bayi selama 1 tahun dari masa kelahirannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *