Home Mom Tahukah Anda Jenis Gendongan Bayi Samping? Berikut Penjelasannya

Tahukah Anda Jenis Gendongan Bayi Samping? Berikut Penjelasannya

by Caswitin
gendongan bayi samping

Ketika bayi lahir, tentu menggendong menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan. Maka dari itu, Anda harus mempersiapkan gendongan sebagai sambutan hangat kepada hadirnya buah hati Anda. Dan gendongan bayi samping menjadi salah satu jawaban dari jenis gendongan apa yang harus Anda pilih, sebab gendongan yang satu ini sangat nyaman dan tepat digunakan oleh siapa pun yang hendak menggendong si bayi meskipun baru lahir. Cara memakai gendongan bayi samping pun dapat Anda lakukan dengan mudah dan sesuaikan saja dengan jenis gendongan tipe samping yang Anda gunakan. Berbicara tentang jenisnya, gendongan tipe samping ini terbagi menjadi 3 jenis sebagai berikut.

Jenis-Jenis Gendongan Bayi Samping

1. Jenis Tube

Gendongan bayi samping jenis tube merupakan gendongan yang terkenal praktis serta ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana meskipun tidak digunakan. Gendongan ini memiliki bentuk tabung yang cukup simpel sebab dalam proses penggunaannya hanya memanfaatkan sepotong kain dengan panjang tertentu yang kemudian dijahit hingga membentuk tabung tersebut. Hal ini membuat Anda harus pandai-pandai menyesuaikan ukuran gendongan sesuai kebutuhan ketika hendak membelinya. Untuk menggunakannya juga sangat praktis sebab Anda tidak perlu memanjangkan atau mengatur panjang gendongan. Sehingga, jika sudah memilih gendongan tube sesuai ukuran, maka menggendong si buah hati tidak akan memakan waktu yang lama dengan tata cara yang merepotkan.

gendongan bayi samping

gendongan bayi samping

2. Jenis Ring

Jenis gendongan bayi samping lainnya bernama gendongan ring yang tidak kalah mudah untuk digunakan serta fleksibel karena panjangnya dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Mungkin Anda juga sudah tidak asing lagi dengan gendongan yang satu ini. Bentuknya yang khas dengan keberadaan dua ring atau cincin ini memang sudah banyak dijumpai di tengah-tengah masyarakat. Adanya kedua cincin inilah yang membuat gendongan ring dapat diatur panjangnya sesuai kebutuhan. Cukup dengan menarik kain yang terikat di antara cincin logam maka panjang gendongan yang Anda butuhkan langsung sesuai dengan kebutuhan. Harga gendongan bayi samping jenis ring juga masuk dalam kategori murah dan mudah didapatkan di berbagai macam toko aksesoris anak terdekat. Anda dapat membiasakan menggendong si buah hati dengan gendongan jenis ring secara berulang-ulang jika masih kaget dan belum terbiasa. Untuk macamnya sendiri, gendongan samping tipe ring terbagi menjadi 2. Yakni flare tail type dan belt tail type. Pada flare tail type identik dengan kondisi kain tidak dilipat namun dijahit pada bagian samping hingga terlihat rapi dan juga memiliki kemampuan melindungi kepala hingga mata si bayi dari paparan cahaya matahari. Sedangkan untuk belt tail type identic dengan lipatan kain yang kemudian dijahit sehingga memudahkan pengguna dalam mengatur panjang gendongan.

Baca Juga:   Perkembangan Balita Yang Menakjubkan Saat Ia Memasuki Usia 8 Bulan

3. Jenis Buckle

Terakhir, terdapat gendongan bayi samping jenis buckle yang sangat cocok untuk digunakan oleh para penggendong yang merasa kesulitan ketika hendak mengeluarkan si buah hati dari gendongan. Gendongan samping tipe ini memiliki ciri khas yang dapat dilihat dari adanya gesper pada gendongan. Fungsi dari gesper ini sendiri digunakan untuk mengancing kain gendongan. Maka dari itu, sebelu memanfaatkan fungsi gesper dari gendongan ini, maka pengaturan panjang gendongan harus dilakukan terlebih dahulu dan pastikan sudah sesuai dengan yang Anda butuhkan sebelum nantinya dikancig dengan gesper. Cukup mudah bukan? Atur panjang, kancingkan, dan atur atau rapikan posisi bayi supaya lebih nyaman ketika digendong menggunakan gendongan buckle ini.

Demikian artikel mengenai jenis gendongan bayi samping yang dapat menambah wawasan untuk Anda. Semoga bermanfaat…

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More