Tips dan Trik

Tak Hanya Mainan Anak Ini Faktor yang Jadikan Anak Cerdas

Dalam sebuah pernikahan, menanti kehadiran buah hati memang waktu yang sangat mendebarkan. Ketika dirinya lahir pun kebahagiaan akan sangat terasa. Tak heran jika fase tumbuh kembang si kecil pun selalu jadi momen menarik untuk diabadikan. Tentunya jika memiliki bayi, maka Anda pun wajib memberikan padanya perawatan yang terbaik. Tentu jika Anda sudah memiliki bayi, maka Anda juga wajib untuk menyediakan mainan anak untuknya. Mainan untuk bayi bukan sekedar hiburan untuknya melainkan juga untuk kecerdasannya.

 Tak Hanya Mainan Anak Ini Faktor yang Jadikan Anak Cerdas

Tiap orang tua tentu ingin bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas. Namun ternyata banyak sekali orang tua yang kerapkali bingung dalam memahami cara tepat dalam membimbing anak agar cerdas. Salah satu caranya adalah dengan memberikan mainan anak untuknya. Ajak anak bermain dengan mainan edukasi yang bermanfaat. Saat ini sudah ada banyak sekali mainan yang tersedia di pasaran dimana khusus untuk masing-masing usia.

Selain memberikan mainan untuknya, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan sehingga bisa membantu mengembangkan otak anak:

  • Beri ASI eksklusif

ASI adalah makanan terbaik untuk anak. Dengan memberikannya ASI, maka akan bisa memberikan peningkatan pada perkembangan otak bayi hingga 30%. Tak heran jika ASI eksklusif memang direkomendasikan. Oleh karena itu jangan menyerah dalam memberikan ASI eksklusif untuk bayi meski sulit mengatur waktu, apalagi untuk Ibu yang bekerja. Otak dengan fungsi kognisi, bahasa dan lainnya akan sangat berpengaruh.

  • Baca buku untuk si kecil

Kadang banyak orang tua yang menganggap jika membaca buku bagi anak merupakan hal yang percuma. Mungkin anak memang belum paham dan belum mengerti, namun waktu seperti ini mampu memberikan perkembangan bagus pada otak si kecil. Anak akan bisa menambah kosakata yang banyak dari mendengarkan Anda membaca. Bahkan cara yang satu ini pun sangat ampuh untuk jadikan anak menjadi suka buku.

  • Ajak anak bicara

Meski anak belum mampu bicara jelas, namun anak akan bisa mengerti tentang bahasa yang Anda bicarakan. Mengajak anak bicara jangan sampai dianggap sia-sia karena aktivitas ini akan mampu memancing si kecil untuk bisa ikut menanggapi serta kembangkan kemampuan baca, tulis hingga interpersonal dan tambah kosakatanya.

  • Makanan bergizi

Sajikan juga makanan bergizi untuk anak yang bisa stimulasi otaknya agar lebih cerdas. Beberapa makanan yang direkomendasikan mulai dari tuna, salmon, apel, sayur hijau hingga telur menjadi makanan bergizi dan bagus untuknya.

Itulah beberapa tips untuk bisa jadikan anak tumbuh dengan cerdas. Untuk mengajarinya hal baru, Anda juga bisa menggunakan mainan anak sebagai sarana sehingga anak tak akan bosan dengan cara bermain dan belajar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *