Tips dan Trik

Tak Melulu Berikan Obat Bayi, Inilah Tips Sembuhkan Si Kecil dari Flu

Menantikan kehadiran bayi dalam sebuah pernikahan memang waktu yang sangat mendebarkan. Ketika dirinya lahir pun kebahagiaan akan sangat terasa. Tak heran jika fase tumbuh kembang si kecil pun selalu jadi momen menarik untuk diabadikan. Tentunya jika memiliki bayi, maka Anda pun wajib memberikan padanya perawatan yang terbaik. Pasti Anda akan merasa sedih dan sulit jika bayi dalam kondisi sakit. Mungkin banyak orang tua yang langsung memberikan obat bayi pada si kecil. Namun apakah hal ini benar?

 Tak Melulu Berikan Obat Bayi, Inilah Tips Sembuhkan Si Kecil dari Flu

Memang adaptasi sangat ketika Anda merawat bayi, terlebih untuk para pasangan baru karena masih banyak yang kerap bingung. Tentu perawatan bayi memberikan kelelahan yang amat sangat sepanjang hari. Bahkan tak jarang para pasangan baru ini alami tekanan yang berlebihan. Meski demikian, Anda wajib untuk bisa menjaga kondisi fisik dan juga mental sehingga memungkinkan Anda tetap dalam kondisi prima ketika merawat si kecil.

Sebetulnya ketika bayi terinfeksi dengan virus flu, biasanya obat pilek dan demam tentu jadi solusi praktis. Meski memang berniat baik, tapi sebetulnya pemberian obat bayi ini bukanlah pilihan yang tepat apalagi bagi bayi dengan usia kurang dari 2 tahun. Jika memang bayi Anda demam dan flu, maka berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan:

  • Redakan demamnya

Untuk bayi dengan usia kurang dari atau sama dengan 3 bulan, maka Anda bisa langsung mengunjungi dokter. Nantinya dokter akan memberikan obat yang memang khusus untuk si kecil. Hal ini lantaran dosis dari obat tersebut yang wajib disesuaikan dengan kebutuhan anak. Mengingat tubuh si kecil juga masih sangat rawan.

  • Hindarkan dari dehidrasi

Menjaga cairan pada tubuh bayi tetap terjaga sangatlah penting dilakukan tak peduli usia dari si kecil. Untuk usia bayi kurang dari 4 bulan, maka ASI akan sangat direkomendasikan. Jika bayi sudah berusia lebih dari 4 bulan maka ASI atau susu formula dan ditambah air bisa diberikan. Anda juga bisa memberikan sop hingga jus buah jika usia bayi telah mencapai 6 bulan lebih.

  • Tinggikan posisi kepalanya

Agar pernafasan si kecil lebih baik saat si kecil pilek, maka Anda bisa meninggikan posisi kepala dari si kecil. Anda bisa tambahkan handuk di kepala dan kasurnya. Bantal lebih baik dihindarkan karena kadang bayi juga bisa mengalami mati lemas lantaran jalan napas terhalang.

Itulah beberapa hal yang bisa membantu untuk mengurangi redakan flu yang diderita oleh si kecil. Obat bayi yang ada di pasaran ada baiknya untuk dihindarkan darinya. Berkonsultasilah dengan dokter sehingga bisa memberikan penanganan tepat untuk si kecil.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *