Tips dan Trik

Tambah Keceriaan Dunia Bayi Dengan Mainan Yang Tepat

Dunia bayi selalu menarik untuk dibahas, keceriaan dan tumbuh kembangnya menjadikan sekelilingnya menjadi berbahagia. Seiring bertambahnya usia bayi diikuti dengan tumbuh kembangnya yang mengalami peningkatan. Setiap orang tua harus memahami dan mengetahui perkembangan dan kemampuan bayi, karena ada banyak kemampuan anak yang bisa dikembangkan.

Ada banyak media atau cara yang bisa dilakukan agar perkembangannya menjadi lebih optimal, salah satunya adalah dengan mainan. Di dunia bayi, mainan menjadi hal yang melekat pada diri anak. Saat masih bayi-pun sudah bermain dengan tangan dan jarinya, menarik benda yang dekat dengannya dsb.

Memilih mainan untuk bayi tidak bisa sembarangan, selain pilih jenis mainan yang aman penting juga memilih mainan yang bisa merangsang kemampuan kognitif, perkebangan emosional, motorik, bahasa dan interaksi bayi dengan teman seumurannya.

Jangan pernah memaksakan mainan untuk dimainkan oleh anak, karena setiap anak memiliki kesukaan dan kemampuan yang berbeda-beda dengan anak yang lainnya. Hal tersebut bisa disebabkan karena umur anak yang berbeda, kemampuan dan kebutuhannya juga berbeda-beda. Berikut ini jenis mainan yang dibutuhkan sesuai dengan proses perkembangan bayi.

Mainan Untuk Bayi Usia 0-9 Bulan

Penglihatan bayi awalnya belum sempurna, agar kemampuan melihatnya bertambah bisa gunakan mainan atau menyimpan benda-benda yang warnanya mencolok. Pada saat anak sudah mulai merangkat, merambat, melangkah dan duduk bisa didukung dengan jenis mainan yang kontras dan berdesain namun perhatikan keamanannya.

Baca Juga: Ceriakan Dunia Anak Dengan Mainan Edukatif

Adapun jenis mainan yang cocok untuk usia ini adalah: kerincingan, teether, matras gimnastik, boneka bahan kain, boneka yang bisa mengeluarkan suara, bola karet dsb. Selain itu Anda bisa melakukan permainan tanpa menggunakan alat, seperti: ciluk ba, menepuk tangan dsb.

Mainan Untuk Bayi Usia 9-18 Bulan

Saat usia 9-18 bulan merupakan periode emas dimana anak akan mengalami banyak perkembangan. Saat usianya ini anak bisa lebih kuat memegang, mengangkat dan menarik benda. Jenis mainan yang diberikan bisa yang membantu kreativitas dan emosinya. Selain itu anak akan dilatih kesabaran, kepercayaan, ketelitian, inovasi dan pengalaman

Jenis mainan yang cocok untuk usia 9-18 bulan adalah mainan yang menirukan aktivitas sehar-hari, misalnya: telepon, mobil-mobilan, sayuran, binatang, buah-buahan. Selain itu, Anda bisa memberikan mainan yang membantu ia menyelesaikan masalah dan mempelajari sebab akibat, contohnya: mainan balok susun, puzzle, mainan yang bisa dibuka dan ditutup atau bola besar.

Demikian pembahasan artikel seputar dunia bayi khususnya mengenai jenis-jenis mainan yang dapat membantu tumbuh kembangnya agar lebih optimal. Jadi untuk anak-anak mainan tidak sekedar media hiburan saja, namun memiliki fungsi yang lebih yaitu mengembangkan kemampuannya. Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda memilih mainan yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *