Tips dan Trik

Tanda Kehamilan Minggu Pertama Setelah Berhubungan

Mengetahui tanda kehamilan perlu diketahui oleh pasangan suami istri agar lebih menjaga dan merawat kehamilan segera mungkin. Tanda wanita hamil atau tidak ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi.

Namun kadang telat menstruasi bisa disebabkan karena perubahan hormon di dalam tubuh atau akibat kelelahan. Setelah berhubungan seksual, wanita yang dalam kondisi subur akan lebih mudah dibuahi. Yang dimaksud dengan kondisi subur adalah siklus menstruasi yang teratur yaitu hari ke 12 sampai ke 16 (dihitung dari hari pertama haid).

Tanda menstruasi bisa diketahui setelah usia kehamilan mendekati usia satu bulan. Lalu pertanyaannya adalah apakah kita bisa mengetahui tanda kehamilan saat minggu awal setelah berhubungan badan? Jawabannya adalah Anda bisa mengetahuinya. Adapun tanda-tandanya adalah sebagai berikut:

Terjadi Pendarahan Kecil

Ada beberapa wanita hamil di minggu awal kehamilan mengalami pendarahan kecil di vagina. Pendarahan tersebut terjadi karena embrio menempel di dinding rahim atau disebut implantasi bleeding. Umumnya pendarahan terjadi dengan volume kecil. Namun apabila pendarahan terjadi cukup banyak dan lama segera periksa ke dokter untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya.

Terjadi Morning Sickness

Istilah morning sickness adalah kondisi ibu hamil yang mengalami mual-mual, muntah dan pusing. Biasanya kondisi tersebut terjadi saat pagi hari. Morning sickness terjadi karena perubahan hormon.

Sering Buang Air Kecil

Wanita hamil lebih sering buang air kecil dibandingkan sebelum hamil. Hal ini disebabkan karena meningkatnya cairan di dalam tubuh dan tekanan rahim ke kantung kemih seiring semakin membesarnya janin.

Baca Juga: Kenali Perkembangan Janin Saat Memasuki Usia 5 Bulan

Mudah Lelah

Wanita hamil lebih mudah merasa lelah dan mengantuk. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil harus cukup istirahat dan tidak boleh melakukan aktivitas yang berlebihan. Agar kondisi tubuh tetap bugar caranya bisa dengan olahraga kecil dan memperhatikan asupan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi.

Perubahan Psikis

Poin mengenai tanda kehamilan yang sudah dibahas sebelumnya adalah tanda yang bisa dilihat secara fisik. Selain melihat tanda melalui perubahan psikis, kehamilan juga bisa diketahui dari perubahan psikisnya yaitu perubahan mood dan emosi yang seringkali berubah-ubah. Mengatasi masalah tersebut harus terbuka dengan suami. Dan untuk suami, disarankan menjadi pendamping istri dengan sabar.

Selain tanda-tanda hamil secara fisik dan psikis, kehamilan bisa diketahui dengan melakukan test. Test kehamilan bisa menggunakan alat testpack atau dengan mengukur suhu basal tubuh.  Suhu basal tubuh wanita hamil selalu dalam kondisi yang tinggi dalam waktu 18 hari berturut-turut.

Dengan mengetahui tanda kehamilan sejak minggu awal akan lebih baik agar bisa mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan selama proses kehamilan hingga persalinan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *