Tips dan Trik

Tanda Kehamilan Usia 4 Minggu

Pada awal kehamilan, seringkali para ibu tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengandung, apalagi bagi ibu yang baru pertama kali hamil. Kepastian kehamilan memang baru bisa dilihat ketika datang ke dokter kandungan atau bidan, akan tetapi para ibu pun bisa mengetahui tanda kehamilan lewat tanda fisik yang dialami oleh tubuh pada 4 minggu awal kehamilan.

Terlambat Menstruasi

Keterlambatan menstruasi memang menjadi salah satu tanda kehamilan, hal ini bisa menjadi tanda pasti jika seorang perempuan memiliki siklus menstruasi yang teratur. Akan tetapi bagi yang memiliki siklus mentruasi tidak teratur, keterlambatan menstruasi tidak bisa menjadi patokan.  

Mudah Lelah dan Mengantuk

Pada perempuan yang sedang hamil, hormon-hormon yang ada dalam tubuh mengalami perubahan. Adanya perubahan hormon ini juga menyebabkan produksi darah  lebih banyak karena juga harus menyalurkan nutrisi ke janin. Oleh karena itu, pada ibu hamil, khususnya di awal kehamilan (4 minggu), tubuh ibu menjadi mudah lelah dan mudah mengantuk.

Mual di Pagi Hari

Pada umumnya, ibu hamil mengalami mual-mual, khususnya pada waktu pagi hari atau dikenal dengan morning sickness. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadothropin). Hormon HCG yang meningkat membuat perut terasa pedih sehingga menyebabkan rasa mual.

Sensitif Terhadap Bau

Sensitif terhadap bau juga menjadi salah satu tanda di awal kehamilan. Tak hanya bau  yang menyengat, bahkan para ibu hamil juga sensitif terhadap bau-bau makanan tertentu. Para ahli menyebutkan bahwa daya penciuman yang lebih sensitif ini bermanfaat untuk menjaga bayi dari zat-zat berbahaya bagi bayi.

Payudara Membengkak dan Lebih Lembut

Pada awal kehamilan, payudara juga akan mengalami pembengkakan dan apabila diraba terasa lebih lembut. Nyeri dan pembengkakan pada payudara ini merupakan ciri kehamilan dan tanda bahwa payudara sudah mulai mempersiapkan produksi ASI untuk si kecil dalam rahim.

Baca Juga : Tanda Kehamilan Bayi Perempuan

Aerola Menghitam

Daerah sekitar puting atau aerola mengalami perubahan sebagai tanda kehamilan. Perubahan pada bagian aerola ini bisa dilihat dari warnanya yang menghitam dan lebih lebar dari biasanya.

Sering Buang Air Kecil

Para ibu hamil pada awal kehamilan akan mengalami anyang-anyangan atau sering buang air kecil, hal ini disebabkan karena ukuran rahim sudah mulai membesar dan mendesak kantng kemih sehingga keinginan untuk buang air kecil pun meningkat.

Gejala PMS

Adakalanya ciri-ciri sama dengan PMS, sehingga banyak ibu yang salah arti. Pada ciri-ciri kehamilan, para ibu juga akan merasakan sakit pinggang, sakit punggung, perut kembung, dan nafsu makanan yang meningkat.  

Testpack Positif

Jika mengalami beragam gejala seperti yang telah disebutkan di atas, segera lakukan tes kehamilan menggunakan testpack. Apabila hasilnya positif, maka kemungkinan besar ibu sedang hamil.

Tanda kehamilan di awal kehamilan  memang harus dicermati dengan baik, karena dengan begitu ibu bisa menjaga kesehatan dan dan mengontrol makanan yang akan masuk ke dalam tubuh,

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *