Tips dan Trik

Tanda Kehamilan yang Perlu Anda Waspadai

boxbayi.net-tanda kehamilan

Gejala atau tanda kehamilan menjadi hal yang paling ditunggu pasangan suami istri yang menantikan buah hati. Kehamilan yang sehat merupakan hal yang diharapkan, namun Anda perlu mengetahui tanda hamil yang berbahaya agar dapat melakukan tindakan dengan cepat dan mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Berikut adalah tanda selama proses kehamilan yang perlu diwaspadai:

Berat Badan Tidak Naik

Selama proses kehamilan berat badan ibu akan mengalami peningkatan, terutama saat memasuki usia kehamilan 4 bulan perut semakin membesar hingga menjelang kelahiran. Bertambah tidaknya berat badan ibu hamil dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Atau jika berat badan tidak bertambah bisa juga disebabkan karena kekurangan gizi atau menderita penyakit tertentu.

Pendarahan

Tanda kehamilan yang bisa berbahaya lainnya adalah jika terjadi pendarahan atau bleeding saat kehamilan merupakan tanda bahaya bagi ibu dan janin. Berikut penjelasannya:

  1. Pendarahan saat usia kehamilan sebelum 3 bulan bisa menjadi tanda keguguran. Jika mengalami hal tersebut segera ke dokter atau bidan agar ibu dan janin segera diberi pertolongan.
  2. Pendarahan saat usia kehamilan 7 – 9 bulan walaupun hanya sedikit harus segera ke dokter atau rumah sakit karena dikhawatirkan mengancam nyawa ibu dan janin.

Bengkak pada Tangan, Wajah, Pusing dan Kejang

Ibu hamil akan mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, seperti kaki atau tungkai. Pembengkakan terjadi umumnya saat usia kehamilan memasuki usia 6 bulan ke atas. Namun pembengkakan berbahaya jika terjadi pada tangan atau wajah, terutama jika disertai tekanan darah yang meningkat drastic dan pusing.

Jika tidak ditangani, ibu akan mengalami kejang-kejang. Gejala tersebut disebut eklamsi yang bisa menyebabkan kematian ibu dan janin. Oleh sebab itu jika memperlihatkan tanda-tanda bengkak pada tangan, wajah, pusing disertai kejang segera bawa ke rumah sakit agar dapat diberi pertolongan medis.

Baca juga: Makanan Ibu Hamil yang Tepat Saat Tremister Pertama

Tidak Ada Gerakan Janin

Saat memasuki usia kehamilan 4 – 6 bulan mulai terasa ada gerakan janin yang bisa ibu rasakan. Semakin bertambah usia kehamilan gerakan janin semakin sering dan kuat. Janin yang sehat akan bergerak secara teratur sedangkan janin yang lemah tidak akan bergerak dalam waktu 12 jam. Hal tersebut bisa menandai janin dalam kondisi terancam dan harus segera diberi pertolongan medis.

Letak Janin yang Tidak Semestinya

Kepala janin normalnya berada di bawah rahim dan menghadap ke punggung ibu. Ketika menjelang persalinan kepala akan turun dan masuk ke rongga panggul. Namun terkadang ada posisi kepala yang tidak normal sampai usia kehamilan menginjak 9 bulan. Jika demikian ibu hamil harus segera dilarikan ke rumah sakit, Kelainan letak janin bisa karena letak sungsang atau letak lintang.

Demikian pembahasan mengenai tanda kehamilan yang mesti diwaspadai, semoga artikel ini bermanfaat dan semoga proses kehamilan Anda lancar sampai persalinan tiba.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *