Tips dan Trik

Tanda-tanda Kehamilan Bayi Kembar

Karena tanda-tanda kehamilan bayi kembar tidak jauh berbeda dengan tanda-tanda kehamilan bayi tunggal, memastikan suatu kehamilan apakah kembar atau tidak secara kasat mata sulit untuk dilakukan. Walaupun demikian, ada beberapa tanda yang dapat dijadikan acuan bahwa Anda sedang mengandung janin kembar.

Tanda-tanda kehamilan bayi kembar yang dapat diamati antara lain:

  • Riwayat keluarga

Riwayat kehamilan kembar di dalam keluarga menjadi acuan utama potensi kehamilan kembar pada diri Anda. Ini terbukti pada sebagian besar kasus wanita yang melahirkan bayi kembar. Jadi, perhatikan apakah ada di dalam garis keturunan leluhur Anda dan pasangan Anda, mulai dari orang tua, yang mempunyai keturunan kembar. Bila ada, maka Anda memiliki potensi yang lebih besar untuk mengandung anak kembar.

  • Tingginya kadar HCG

Ini bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan urin pada ibu yang sedang hamil. Kadar HCG yang tinggi menghasilkan garis yang lebar pada alat periksa kehamilan (test pack) yang berarti ibu berpotensi mengandung anak kembar. Meskipun demikian, kadar HCG yang tinggi juga dapat terjadi bila ibu menggunakan bantuan kesuburan.

  • Berat badan naik drastis

Ketika Anda mengandung anak kembar, biasanya Anda akan mengalami peningkatan berat badan drastis pada trimester pertama. Ini didasarkan pada sebuah penelitian yang pernah diterbitkan oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology. Penelitian tersebut menyatakan bahwa penambahan berat badan merupakan hal yang sangat penting pada masa awal kehamilan anak kembar, karena penambahan berat badan pada dua trimester awal telah terbukti mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap berat bayi pada saat lahir.

Baca Juga:Ciri-Ciri Hamil Bayi Kembar

  • Bentuk perut

Bentuk perut ibu yang mengandung janin kembar akan terlihat berbeda dengan janin tunggal dan akan terlihat sangat besar. Kandungan akan lebih besar dari standar usia kehamilan. Ini tentu disebabkan karena adanya dua janin atau lebih di dalam rahim ibu.

  • Mual dan muntah berlebihan

Gejala mual dan muntah sebetulnya umum terjadi pada sebagian besar kehamilan, namun mual dan muntah yang sangat ekstrem bisa jadi tanda hamil bayi kembar. Kondisi ini bisa membuat ibu tidak tahan terhadap beberapa jenis makanan, misalnya daging, ikan laut, teh dan kopi, termasuk bau, tekstur dan tampilan makanan tersebut.

  • Merasa sangat lelah dan sering buang air kecil

Rasa lelah dan sering buang air kecil normal terjadi pada setiap kehamilan. Akan tetapi, beberapa ibu yang mengandung bayi kembar umumnya merasa sangat kelelahan dan lebih sering buang air kecil dibandingkan ketika hamil janin tunggal.

  • Merasa sangat sakit pada payudara

Rasa sakit pada payudara yang sangat berlebihan bahkan hingga membuat ibu merasa sangat tidak nyaman pada saat menggunakan bra, bisa menjadi pertanda adanya kehamilan kembar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *