Kesehatan / Seputar Ibu Hamil

Tanda Tanda Kehamilan Ini Mungkin Membuat Anda Terkejut

Setelah menikah, tentunya setiap pasangan akan mendambakan anak keturunan sebagai penerus keluarga. Hal ini juga yang selalu menjadi keinginan fitrah dari seorang wanita menikah untuk cepat cepat merasakan hamil dan juga menyusui. Namun, ketika tanda tanda kehamilan itu datang, terkadang sering diabaikan. Kasus ini sering terjadi pada kehamilan pertama yang memang belum berpengalaman akan tubuhnya yang tiba tiba mengalami perubahan, contohnya badan menjadi lemas dan mual. Akan dianggap masuk angin biasa saja. Berikut adalah beberapa tanda tanda kehamilan yang mungkin saja tidak Anda sadari. Jangan lupa cari informasi cara mengatasi mual saat hamil muda yah agar nyaman menjalani kehamilan.

Umumnya, tanda tanda kehamilan sendiri yang paling biasa terjadi adalah telat periode haid serta mual dan muntah. Tanda tanda ini juga sudah mulai muncul saat kehamilan Anda baru berusia dua minggu. Hal itu ditandai karena sel telur yang dibuahi, akan berakibat pada perubahan hormon tubuh untuk dapat menyesuaikan diri. Meskipun mual dan muntah serta telat periode haid bukan menjadi satu satunya tanda kehamilan. Anda dapat memastikannya dengan merunut gejala gejala lainnya.

Calon ibu juga sudah harus memperhatikan tanda kehamilan yang umum saja selain telat datang periode haidnya, gejala gejala itu di antaranya:

  • Mual, hingga muntah. Istilahnya adalah morning sickness, yang mana ternyata dapat menyerang kapan saja, tidak hanya pagi hari. Anda akan merasa kelelahan karena terus menerus mual dan tak ingin makan. Biasanya memang ini terjadi saat trimester pertama, disebabkan karena adanya perubahan pada hormon sehingga mengakibatkan mual dan muntah. Untuk mengatasinya, Anda juga dapat melihat tautan berikut ini: https://review.bukalapak.com/mom/ibu-hamil-begini-7-langkah-atasi-mual-di-trimester-awal-36916
  • Payudara Anda terasa nyeri dan juga membengkak. Adanya perubahan hormon pada awal kehamilan bisa membuat payudara Anda menjadi sensitif atau sakit. Anda juga merasakan payudara Anda lebih penuh dan berat.
  • Anda merasa sering buang air kecil daripada sebelumnya.
  • Anda merasa kehilangan nafsu makan seperti biasanya atau bahkan terkadang mengidam makanan makanan yang dulunya tidak Anda sukai.
  • Anda akan sering merasa lelah dan kepayahan. Hingga lebih sering membuat Anda mengantuk.

Selain adanya tanda tanda umum kehamilan, ada beberapa ciri yang merupakan tanda kehamilan yang sering tidak disadari, inilah tanda tandanya:

  1. Munculnya flek yang diikuti dengan rasa kram pada perut

Flek atau bercak darah ini memang muncul justru sebelum masa menstruasi yang akan datang. Biasanya terjadi antara 10 hingga 14 hari setelah terjadinya ovulasi. Adanya bercak darah sebagai tanda kehamilan yang disebabkan adanya implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Terkadang, munculnya flek atau bercak darah tersebut sering diartikan sebagai menstruasi bulanan karena memang disertai dengan adanya kram perut.

  1. Mengalami pusing

Bagi sebagian wanita, sering mengalami anemia yang terkadang menyebabkan tekanan radah menurun. Sehingga tanda kehamilan seperti pusing atau sakit kepala seringkali masih tak dihiraukan. Padahal kehamilan juga menyebakan pembuluh darah Anda melebar dan tekanan darah menjadi turun.

  1. Mengalami sembelit

Mengalami sembelit memang tak hanya bisa dialami oleh wanita hamil saja, anak anak hingga lansia pun dapat mengalami sembelit. Sehingga tanda tanda ini tak terlalu menjadi tanda kehamilan yang sangat dinantikan. Karenanya, sembelit disebabkan adanya perubahan hormon saat mulai hamil.

  1. Mengalami perubahan mood

Perubahan mood sendiri tidak selalu dialami oleh wanita yang sedang hamil muda saja, namun karena memang hormon di dalam tubuh pada masa awal kehamilan dapat mengubah mood Anda secara drastis.

  1. Adanya suhu tubuh yang mengalami peningkatan

Banyak yang tidak menyangka bahwa suhu tubuh bisa menjadi indikator tanda kehamilan. Sering mengecek suhu tubuh Anda saat pagi hari dapat membantu mempermudah untuk mengetahui jika ada tanda kehamilan. Suhu tubuh Anda akan mengalami peningkatan setelah adanya ovulasi dan menetap di suhu yang sama hingga mestruasi selanjutnya.

Bila mengalami tanda tanda ini, Anda dapat gunakan test pack dan segera konsultasi ke dokter agar lebih akurat lagi hasilnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *