Tips dan Trik

Tanda-Tanda Kehamilan Sehat yang Perlu Ibu dan Ayah Ketahui

Informasi mengenai seputar kehamilan perlu diketahui bukan hanya oleh calon ibu saja, namun juga oleh calon ayah. Hal ini sangat penting karena dapat mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kehamilan sehat. Selain itu dapat mengetahui tanda-tanda kehamilan yang tidak wajar sehingga dapat melakukan pencegahan dan penyembuhan sejak dini.

Wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan yang signifikan, terutama dari segi fisik. Salah satu tanda fisik yang paling jelas terlihat adalah perubahan ukuran perut. Hal tersebut dikarenakan rahim di dalam perut ibu semakin membesar seiring dengan pertumbuhan janin.

Saat usia kehamilan masih minggu / bulan pertama belum terlihat perubahan fisik secara kasat mata. Namun sebenarnya tanda-tanda kehamilan sudah bisa dilihat dengan adanya janin di dalam rahim. Selain itu hormon didalam tubuh mengalami perubahan. Semua ibu hamil mengharapkan perubahan yang terjadi pada tubuhnya mengarah kepada tanda-tanda kehamilan sehat dan normal.

Berikut adalah tanda-tanda kehamilan yang sehat :

Tekanan Darah

Kehamilan yang sehat ditandai dengan tekanan darah yang normal. Jika tekanan darah meningkat drastis, sebaiknya Anda waspada karena ditakutkan terjadi kelainan pada kehamilan atau terjadi komplikasi. Jika terjadi maka dokter atau bidan bisa menangani secepatnya dan diatasi sebelum proses persalinan. Untuk mengetahui tekanan darah bisa caranya control secara rutin ke dokter kandungan atau bidan.

Kadar Gula Darah

Sama halnya dengan tekanan darah, pada kadar gula darah di dalam tubuh ibu hamil juga harus berada dalam batas normal. Seringkali kadar gula yang meningkat drastic menyebabkan komplikasi dan harus segera ditangani oleh dokter.

Baca Juga: Jenis-Jenis Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari, Bukan Sekedar Mitos!

Berat Badan

Memeriksakan kesehatan kehamilan selama proses kehamilan sangatlah penting. Saat periksa ibu hamil akan diperiksa berat badannya. Berat badan saat kehamilan menjadi salah satu poin yang bisa dijadikan rujukan apakah kehamilan sehat atau tidak. Jika berat badan tidak bertambah selama proses kehamilan, harus diwaspadai dan segera ditangani. Sebagai patokan ibu hamil biasanya berat badannya akan bertambah 12 – 15kg. Namun jika berat badan naik secara drastic, biasanya dokter akan menangani dengan tindakan mengontrol berat badan hingga batas wajar.

Nyeri dan Sakit

Semakin bertambah usia kehamilan ditandai dengan nyeri dan sakit pada sebagian anggota tubuh, biasanya terjadi di bagian paha, kaki, pinggang. Hal tersebut wajar karena janin tumbuh semakin besar dan dipengaruhi oleh perubahan hormone, namun jika nyerinya berlebihan sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan apakah kehamilan berjalan normal atau tidak.

Demikian tanda-tanda kehamilan sehat dan normal yang harus ibu dan ayah ketahui dan pahami dengan baik. Dengan mengetahu tanda-tanda kehamilan yang normal dan sehat diharapkan dapat bertindak dengan cepat jika muncul tanda-tanda kehamilan yang tidak sehat atau tidak normal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *