Perlengkapan Bayi / Tips dan Trik

Cara Mengatur Tempat Tidur Bayi yang Benar

Tempat Tidur Bayi

Memiliki bayi menjadi salah satu impian bagi hampir setiap orang yang sudah berkeluarga. Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur sehingga Anda harus menyiapkan kamar yang tepat untuk bayi Anda sehingga anak Anda akan merasa nyaman ketika menggunakannya. Biasanya, kasur atau ranjang bayi berada di 1 kamar dengan orang tua sehingga orang tua mudah untuk mengawasinya, namun, beberapa lebih memilih untuk membuatkan tempat tidur bayi sendiri yang letaknya tidak jauh dari kamar tidur Anda sehingga jika bayi terbangun, Anda dapat segera bangun dan merawat bayi Anda.

Baca juga : Mengatasi Ruam Popok Dengan Cara Sederhana

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sirkulasi udaranya. Kamar bayi harus memiliki sirkulasi yang baik sehingga terjadi pergantian oksigen dan karbon dioksida. Sirkulasi udara yang baik dapat membantu bayi untuk tumbuh kembang secara optimal. Sebaiknya pilih kamar yang memiliki jendela sehingga dapat membuat sinar matahari masuk ke dalam kamar. Adanya jendela juga dapat membantu agar kamar tidur bayi Anda lebih terang walaupun tanpa menggunakan lampu sehingga Anda juga dapat menghemat energi.

Kedua adalah pilih warna yang tepat untuk kamar bayi Anda. Pilih warna yang sesuai dengan tema yang akan Anda aplikasikan di kamar, misalnya warna biru untuk bayi dengan jenis kelamin laki-laki dan pink ataupun ungu muda untuk kamar anak perempuan. Gambar atau dekorasi kamar dari bayi Anda dengan dekorasi yang lucu seperti gambar hewan atau bunga. Gambar pemandangan tersebut atau yang cerah-cerah dapat memberikan efek yang positif untuk perkembangan anak Anda. Namun warna putih dan hitam lebih dapat membantu untuk stimulus penglihatan dan pendengaran anak untuk bayi yang berusia dibawah 2 bulan.

Ketiga adalah tata atau atur perabotan atau furniture dalam tempat tidur bayi. Anda membutuhkan ruang yang cukup besar untuk dapat bergerak kesana kemari. Penempatan perabotan yang tepat juga dapat membantu untuk membantu mengurangi tempat yang dapat menjadi sumber penyakit misalnya jamur. Pilih perabotan yang seminimal mungkin memiliki sisi yang tajam misalnya sisi meja sehingga untuk bayi Anda yang sudah semakin aktif, tidak akan membahayakan. Hindari untuk meletakkan ranjang bayi di tempat yang dekat dengan jendela. Jangan lupa untuk menaruh mainan di salah satu sudut sehingga tidak mengganggu dan tidak berceceran.

Keempat adalah pertimbangkan mengenai keamanan bayi Anda. Keamanan yang dimaksud tersebut tidak hanya berdasarkan pada perabotan yang akan Anda pasang di kamar tidur bayi Anda, namun juga untuk mainan yang digunakan ataupun perlengkapan tidur dari anak Anda. Pastikan jika mainan yang digunakan oleh anak Anda terbuat dari bahan yang aman sehingga tidak mengganggu kesehatan dari bayi Anda terutama untuk bayi yang sudah mulai memasukkan benda ke mulutnya. Sedangkan untuk perlengkapan tidur seperti ranjang atau kasur, pastikan jika kasur tersebut nyaman untuk digunakan sehingga kualitas tidur bayi dan keamanannya saat tidur juga dapat terjaga dengan baik. Untuk menjaga dan membantu memonitoring bayi, jangan lupa untuk menyediakan alat monitoring.

Kelima adalah perhatikan pengaturan di tempat tidur bayi Anda misalnya guling, bantal ataupun boneka yang ada di box bayi. Sebisa mungkin untuk meletakkan barang seminimal mungkin di box bayi tersebut sehingga tidak hanya dapat membuat bayi lebih bebas untuk bergerak namun juga menghindari hal yang tidak diinginkan misalnya boneka yang terlalu banyak dapat mendesak tidur bayi sehingga membuat bayi tidak leluasa untuk bernafas. Tempatkan perlengkapan bayi seperlunya saja di box bayi Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *