Perlengkapan Anak

Terlengkap. Cara Menghilangkan Biang Keringat di Jidat Dengan Bahan Alami dan Obat

Ketika Anda terserang biang keringat tentu rasanya sangat tidak nyaman. Selain terasa gatal, ada sensasi menyengat di bagian kulit. Biang keringat pada saranya merupakan ruam kecil yang berwarna merah dan berbentuk menonjol. Di dunia medis, biang keringat disebut juga sebagai miliaria.

Biasanya, biang keringat menyerang balita dan bayi.  Namun, pada beberapa kasus dapat juga menyerang orang dewasa. Bagian tubuh yang paling sering mengalaminya adalah jidat. Sedangkan biang keringat pada bayi sering juga terdapat pada area punggung, leher dan juga dada.

Cara menghilangkan biang keringat di jidat sebenarnya cukup mudah. Ada dua penanganan yang umum dilakukan untuk mengatasinya. Bisa menggunakan bahan alami ataupun obat apotek.

Mari bahas lebih rinci lagi!

Cara Menghilangkan Biang Keringat di Jidat Dengan Bahan Alami

Jika Anda takut akan efek samping saat menggunakan obat kimia untuk mengatasinya, sebaiknya menggunakan bahan alami berikut ini. Bahan-bahan alami juga efektif sebagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi.

  1. Madu

Madu memiliki berbagai kandungan bermanfaat bagi kulit. Selain sebagai pelembab alami dan humektan. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengatasi biang keringat pada jidat. Caranya, cukup oleskan madu secara langsung, diamkan selama 20 menit. Kemudian, bilas hingga bersih.

  1. Minyak Jarak

Bahan yang satu ini cukup efektif sebagai cara menghilangkan biang keringat di jidat. Pasalnya, terdapat kandungan yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih di kulit. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya lalu pijat area jidat dengan lembut.

  1. Lidah Buaya

Tanaman yang bisa dengan mudah ditemukan di pekarangan rumah ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi biang keringat. Aloe vera memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-peradangan. Sehingga bisa menghilangkan ruam pada jidat. Untuk mendapatkan manfaatnya, silahkan oles gel lidah buaya pada bagian ruam atau biang keringat 3 kali sehari.

  1. Oatmeal

Oatmeal mampu mengatasi biang keringat yang ada di jidat. Tidak hanya itu, bahkan bisa digunakan pada seluruh bagian tubuh. cukup campurkan 1 sendok makan gula pasir dengan madu dan 3 sendok makan oatmeal. Aduk lalu campurkan ketiga bahan tersebut hingga rata. Oles dan gosokkan pada seluruh bagian kulit yang bermasalah. Tunggu selama beberapa menit hingga campuran meresap dan mengering.

  1. Soda kue

Siapa yang tahu kalau bahan yang bisa dengan mudah Anda temukan di dapur ini bisa mengatasi masalah biang keringat? Cara menggunakannya cukup mudah. Larutkan saja soda kue  dengan takaran sekitar dua sendok teh soda kue ke dalam air mandi. Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi ruam saja. Soda kue juga bisa mengurangi gatal dan rasa panas yang dihasilkan oleh biang keringat.

Cara Menghilangkan Biang Keringat Dengan Obat Apotek

Beberapa obat kimia juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi biang keringat di jidat. Diantaranya:

  1. Krim Hidrokortison

Krim ini efektif untuk mengatasi bagian kulit yang terasa gatal. Cocok juga untuk mencegah kulit dari iritasi.

  1. Suplemen Niacin

Niacin atau Vitamin B3 adalah nutrisi yang sangat penting untuk menjaga jaringan kulit. Jika terkena biang keringat, silahkan membeli suplemen ini di apotek terdekat.

  1. Lotion Calamine

Lotion Calamin bisa dengan mudah Anda temukan di toko obat atau apotek. Fungsi lotion ini adalah untuk meredakan kulit yang sakit atau iritasi.

Tidak kalah penting untuk mengatasi biang keringat adalah dengan menghindari paparan panas berlebih serta jaga kulit agar selalu dalam keadaan dingin. Anda bisa memilih penanganan mana yang paling cocok untuk jenis kulit Anda. Demikian, semoga informasi tersebut bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *