Tips dan Trik

Ternyata Ini Pentingnya Imunisasi Anak Secara Rutin

Memiliki anak yang bisa tumbuh dengan sehat dan sempurna baik fisik, mental dan kesehatannya tentu menjadi dambaan setiap orang tua yang ada di dunia. Untuk memiliki anak yang demikian sehat, tentunya hal ini tidak akan bisa terbentuk dengan sendirinya melainkan para orang tua juga harus tahu cara perawatan anak. Salah satu hal yang penting adalah dengan melakukan imunisasi dimana program ini dilakukan untuk bisa cegah penyakit menular dengan memberikan vaksin serta resistan pada anak.

 Ternyata Ini Pentingnya Imunisasi Anak Secara Rutin

Program ini sudah ada semenjak lama dan harus dimulai sejak bayi sampai anak masuk sekolah. Nantinya anak akan diberikan vaksin yang sudah ada bakteri di dalamnya ataupun virus sehingga untuk bisa merangsang imun serta mampu memberikan antibodi pada tubuh anak. Dengan demikian maka perlindungan pada anak terkait bakteri dan virus bisa lebih kuat nantinya. Pemberian vaksin ini pun biasa dilakukan dengan di suntik hingga tetes ke dalam mulut.

Program pemberian vaksin pada anak ini sebetulnya sudah diwajibkan untuk semua anak. Pemerintah juga sudah memberikannya secara gratis kepada semua anak. Meski demikian masih banyak orang tua yang kadang abai dan acuh akan hal ini. Untuk itu sebaiknya Anda tahu pentingnya imunisasi anak berikut ini:

  • Membentuk sistem kekebalan tubuh di anak

Meski baru lahir bayi sudah mendapatkan antibodi dari Ibu yang ada di kandungan, tapi kekebalan ini hanya bisa berfungsi sampai beberapa bulan ke depan saja hingga hitungan minggu saja. Setelah itu, maka bayi akan bisa lebih rentan pada penyakit. Dengan adanya pemberian vaksin ini maka diharapkan jika sistem kekebalan tubuh di anak bisa terbentuk dan mampu melawan penyakit tertentu seperti polio, campak dan lainnya.

  • Ada efek samping namun masih normal

Kadang banyak orang tua yang tak mau memberikan anak vaksin karena menganggap memberikan efek samping kurang baik misalnya dengan adanya demam, pusing sampai hilang nafsu makan dan mual. Sebetulnya efek ini wajar dan masih tergolong ringan karena vaksin sedang bekerja di dalam tubuh anak. Namun jika memang ada gejala lain misalnya alergi dan kejang maka wajib untuk dibawa ke dokter. Nantinya dokter akan memberikan obat dan penanganan lanjutan.

  • Vaksin wajib dan tidak

Ada beberapa vaksin yang wajib diberikan kepada anak misalnya untuk vaksin hepatitis B, polio, DTP, campak hingga BCG adalah yang wajib. Sedangkan untuk yang tak wajib yakni vaksin untuk influenza, hepatitis A, HPV dan lainnya. Untuk menentukan anak Anda butuh vaksin apa saja selain yang wajib, maka Anda bisa juga dengan mengkonsultasikannya pada dokter. 

Simak juga beberapa hal untuk mengetahui vaksin yang di berikan kepada anak asli atau palsu. Baca selengkapnya di boxbayi.net

Dengan melakukan imunisasi secara rutin, maka anak akan bisa lebih terjaga dan juga memberikan kekuatan pada kekebalan tubuhnya hingga dirinya mampu tumbuh dengan baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *