Perlengkapan Anak

Tidak Perlu Panik, Kenali Penyebab Biang Keringat pada Bayi!

 

( Foto : Tips Anak )

 

Memiliki seorang bayi pastinya membuat para orang tua ekstra hati-hati. Selain karena rasa sayang yang pastinya luar biasa, juga dikarenakan keadaan tubuh bayi yang masih sensitif dan rentan. Salah satu keluhan yang sangat umum dihadapi adalah masalah biang keringat pada bayi. Dikarenakan jumlah dan tampilannya yang merah seringkali membuat para orangtua khawatir dan panik. Oleh karena itu sebaiknya kenali penyebabnya agar dapat dengan tenang mengatasinya.

Biang keringat atau juga dikenal dengan sebutan Miliaria, merupakan kondisi kulit bermunculan benjolan-benjolan kecil berwarna merah yang sangat banyak, dan terasa perih. Penyebab biang keringat pada bayi adalah kelenjar keringat yang mengeluarkan keringat secara berlebihan, dan terperangkap di bawah kulit karena pori-pori kulit pada bayi masih sangat kecil. Saat muncul gejala ini, biasanya bayi akan rewel karena rasa panas dan lecet yang dirasakannya. Biang keringat pada bayi sering terjadi pada saat cuaca panas.

 

Berikut adalah cara mencegah munculnya biang keringat pada bayi ;

  1. Jangan memakaikan pakaian yang terlalu tebal, atau terlalu lama berada di dalam gendongan. Hal tersebut dikarenakan kombinasi panas tubuh dan minimnya ventilasi akan menimbulkan biang keringat,
  2. Hindari menghabiskan banyak waktu di luar ruangan ketika cuaca panas,
  3. Pakaikan pakaian yang longgar, tipis dan ringan,
  4. Gunakan AC saat udara sedang panas,
  5. Gunakan bedak bayi yang aman dan mampu mencegah biang keringat, lebih lengkapnya dapat dicek di https://review.bukalapak.com/mom/7-rekomendasi-bedak-bayi-yang-efektif-atasi-biang-keringat-di-kulit-balita-27835
  6. Pastikan area tidur bayi memiliki ventilasi yang baik,
  7. Mandikan bayi dengan baik, perhatikan area lipatan-lipatan yang biasanya terlupakan,
  8. Pastikan bayi mendapat cukup minum untuk menggantikan cairan yang keluar dari tubuh melalui keringat,
  9. Jangan menggunakan salep atau lotion, karena dapat mengakibatkan biang keringat semakin parah. Sebagai gantinya sebaiknya anda menggunakan krim hidrokortison atau berkonsultasi dengan dokter.

 

Apa itu Hydrocortisone?

( Foto : Healthy Skin )

 

Hydrocortisone merupakan sebuah obat jenis kortikosteroid yang digunakan untuk meredakan peradangan atan inflamasi seperti alergi kulit, kelainan kulit, colitis, artritis dan gangguan pernapasan. Cara menggunakan obat ini adalah dengan cara mengoleskannya pada area kulit. Jangan lupa untuk selalui mencuci tangan sebelum dan sesudah penggunaannya. Setelah mengoleskan krim ini ke permukaan kulit yang terkena biang keringat, biarkan terbuka tidak perlu ditutup dengan plester.

Efek samping dari penggunaan obat Hydrocortisone adalah dapat melemahkan sistem imun sehingga pada saat menggunakan krim ini bisa jadi mempermudah terkena infeksi baru. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan bayi yang dioleskan Hydrocortisone tidak berinteraksi dengan orang yang sedang sakit atau sedang menderita infeksi.

 

Jika seorang bayi telah muncul biang keringat sebaiknya pastikan bahwa ia tidak menggaruk area kulit yang muncul biang keringat, serta pastikan kuku jari jemarinya sudah terpotong rapi. Hal tersebut dikarenakan jika digaruk bisa menyebabkan infeksi.

 

Macam-macam biang keringat pada bayi di antaranya ;

  • Miliaria Kristalina, yaitu jenis biang keringat yang paling ringan dengan ukuran bintik-bintik merah berdiameter 1-2 mm,
  • Miliaria Rubra, merupakan kondisi biang keringat yang lebih berat daripada miliaria kristalina. Biang keringat jenis ini umumnya ditemukan di daerah lipatan lipatan, seperti lipatan leher, dan lipatan paha.
  • Miliaria Profunda, merupakan jenis biang keringat terparah karena sumbatan keringatnya berada di lapisan yang lebih dalam. Gejalanya berupa bintil-bintil putih yang keras dengan diameter 1 – 3 mm. Biang keringat jenis ini tidak mengakibatkan gatal.

 

Semua jenis biang keringat bisa mengakibatkan infeksi, oleh karena itu sebaiknya segera lakukan tindakan pencegahan atas penyebab biang keringat pada bayi atau segera berkonsultasi dengan dokter.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *