Tips dan Trik

Tips Atasi Hidung Bayi yang Tersumbat Bagi Pasangan Muda

Mungkin, Anda pernah kebingungan dalam mengatasi hidung bayi yang tersumbat, bukan? Anda tak perlu panik dan pusing, Anda harus bersikap tenang dan memikirkan cara agar bisa mengatasi masalah tersebut. Si kecil pasti akan rewel karena belum bisa mengetahui ketidaknyamanan yang ia rasakan. Kondisi hidung tersumbat inilah yang dapat membuat bayi Anda sulit bernapas dan menangis setiap waktu. Adapun beberapa cara dalam mengatasi hidung tersumbat pada bayi, antara lain:

Tips Atasi Hidung Bayi yang Tersumbat Bagi Pasangan Muda

 

  • Bantu Si Kecil Membuang Ingusnya

 

Anda pasti mengetahui, jika seorang bayi tidak akan bisa membuang sendiri ingus pada hidungnya. Hal ini tentu akan membutuhkan bantuan Anda untuk mengatasinya. Adapun cara yang dapat Anda lakukan yaitu, Anda bisa menyiapkan wadah untuk membuang ingus bayi.

Lalu, Anda bisa mengisap ingus dari hidung bayi secara perlahan dengan menggunakan aspirator atau infant nasal bulb. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cairan Saline yang dapat Anda teteskan ke dalam hidung si kecil. Alat tetes tersebut berguna untuk mengencerkan ingus supaya cepat keluar. Anda bisa mendapatkan alat tersebut di toko perlengkapan bayi.

 

  • Si Kecil Membutuhkan Cukup Cairan

 

Saat kondisi hidung bayi sedang tersumbat, ia akan membutuhkan banyak cairan. Apabila usia bayi sudah mencukupi untuk diberi makan berupa sup, maka Anda bisa memberinya sup hangat supaya ia merasa lebih baik. Akan tetapi, jika si kecil berusia diatas 3 bulan, Anda hanya bisa memberikannya lebih banyak air atau buah-buahan yang bisa di buat jus. Selain baik untuk meredakan hidung tersumbat, air putih dan jus buah juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menambah daya tahan tubuh supaya lebih fit dan bugar.

 

  • Uap untuk hidung bayi yang tersumbat

 

Ketika hidung bayi Anda sedang tersumbat, tentunya bayi membutuhkan udara yang lembab dan hangat. Hal ini dikarenakan, kondisi tersebut mampu membantu bayi menghirup uap dari sebuah baskom air hangat. Anda juga bisa membawa bayi Anda ke pemandian air panas, selain untuk terapi, si kecil juga bisa menghirup uapnya. Pastikan Anda menjaga si kecil dari jangkauan air panas yang bersuhu tinggi, biarkan si kecil menghirup uap hangat yang tidak membahayakan si kecil.

Di usia bayi yang masih dini, terutama pada tahun pertamanya, tentu akan lebih mudah terserang flu. Namun, hal ini jangan pernah dianggap remeh. Anda harus segera memeriksakan kondisi kesehatan si kecil ke dokter supaya cepat diobati dan menghindari risiko lebih lanjut. Sebisa mungkin, Anda jangan pernah sembarang memberikan obat pilek kepada bayi. Cobalah untuk melakukan beberapa tahapan di atas untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat demi kenyamanan si kecil.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *