Seputar Bayi

Tips Bagi Anda yang Sedang Menyusui Bayi Kembar

ASI menjadi salah satu makanan utama untuk bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan. Tentunya setiap ibu pasti memiliki keinginan untuk memberikan ASI kepada buah hatinya. Namun pertanyaannya bagaimana jika yang harus Anda susui adalah bayi kembar? Tentunya Anda harus mencari cara bagaimana cara menyusui kedua anak tersebut saat mereka minta untuk disusui secara bersamaan. Berikut ini tips untuk menyusui buah hati Anda yang kembar.

Tips Bagi Anda yang Sedang Menyusui Bayi Kembar

Posisi menyusui

Memberikan ASI untuk bayi kembar memang bukan suatu hal yang mudah. Tentunya Anda harus mencari cara agar si kembar tetap merasa tenang dan nyaman pada saat disusui. Itulah mengapa kondisi dan posisi yang nyaman ketika memberikan ASI menjadi salah satu hal yang sangat penting. Posisi yang bisa Anda lakukan ketika menyusui si kembar bisa dilakukan dengan menyangga kepala bayi. Menyangga kedua kepala bayi dengan menggunakan telapak tangan Anda, kemudian tubuhnya letakkan di bawah kedua tangan Anda. Lalu memegangnya dengan tangan kanan dan Anda bisa melakukan hal yang sama dengan bayi yang satunya. Anda juga bisa menggunakan bantal atau tangan Anda untuk menyangga kepala si kecil.

Menyusui si kembar dalam waktu bersamaan

Meski tidak mudah, namun menyusui si kembar secara bersamaan Anda memang sesekali perlu dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari dan juga mencegah terjadinya rasa cemburu antara satu bayi dengan bayi yang lainnya. Menyusui secara bersamaan juga bisa menghemat tenaga Anda lebih banyak.

Baca Juga : Tips Memperoleh Bayi Kembar Secara Alami

Menyusui secara bergiliran pada payudara

Apabila merasa repot menyusui secara bersamaan, Anda bisa secara bergantian menyusui si kecil. Hal ini untuk menghindari si kecil menyusu di payudara yang sama dalam waktu yang lama. Selain itu juga hal seperti ini dilakukan agar pemberian ASI pada bayi kembar Anda bisa berjalan seimbang dan juga menjaga produksi ASI pada kedua payudara Anda tetap seimbang.

Memompa ASI

Bagi Anda yang merasa letih pada saat menyusui si kecil, Anda bisa memompa ASI melalui bantuan alat. Sekarang ini di zaman yang serba canggih, memompa ASI merupakan perkara yang mudah. Namun hal terpenting adalah kenyamanan bayi kembar dan juga Anda sebagai ibunya. Biasanya pemberian ASI pada bayi kembar lebih disarankan untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya. Maka dari itu sebagai ibunya Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang tidak sehat untuk menghindari terganggunya kesehatan si kembar. Apabila terjadi masalah pada payudara Anda, ada baiknya segera menghubungi dokter atau bidan, agar payudara Anda segera diobati dan si kembar bisa menyusu kembali.

Itulah tips untuk menyusui si kembar agar menjadi lebih mudah dan gampang. Semoga bisa lebih membantu Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *