Tips dan Trik

Tips Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Artikel Parenting Di Internet

Pada era sekarang ini, kita dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi, mulai dari berita olahraga, politik, resep masakan hingga artikel parenting, dengan mengeklik tetikus di komputer atau menggeser jari di ponsel pintar atau tablet yang terhubung ke Internet. Semua ada dalam genggaman kita.

Sebelum era Internet, artikel parenting dan media yang menyajikan informasi tentang keluarga dan pola asuh anak masih sangat terbatas. Ketika itu media yang lazim digunakan adalah majalah, seperti Ayah Bunda yang terbit sekitar 1980-an, dan tabloid, seperti Nakita, Mom and Kiddie, dan lain-lain. Ada juga beberapa majalah lain yang memuat rubrik keluarga, tetapi tidak selalu berfokus pada tumbuh kembang anak.

Berbeda dengan media cetak, Internet memungkinkan kita untuk memperoleh ilmu terkait pola asuh anak dan dunia orang tua dan anak lewat artikel parenting yang jumlahnya hampir tak terbatas. Karena itulah, banyak media parenting yang asalnya berbasis cetak kini juga membuat website agar informasi yang mereka berikan bisa diakses oleh lebih banyak orang. Media-media tersebut di antaranya ayahbunda.co.id, tabloid-nakita.com, dan parenting.co.id. Sementara itu, ada juga beberapa website dan blog pribadi yang membagikan informasi dan ilmu yang berkaitan dengan parenting dan keluarga, misalnya rumahinspirasi.com, rumahparenting.com, Parenting with Elly Risman and Family dan ayahkita.blogspot.co.id (Ayah Edy).

Walaupun banyak sekali manfaat parenting yang bisa diraih dari Internet, kita juga wajib mewaspadai dampak negatifnya terhadap dunia parenting. Tidak tertutup kemungkinan bahwa orang tua bisa menjadi bingung dalam memilih artikel parenting yang tepat untuk diterapkan pada anak-anak mereka karena begitu banyaknya situs parenting yang bertebaran di dunia maya. Salah-salah, anak-anak kita bisa menjadi korban. Kadang-kadang ketika orang tua bergabung dengan grup media sosial tertentu, sikap mereka ikut terpengaruh oleh pandangan dari anggota-anggota yang lain. Padahal, pandangan tersebut belum tentu sesuai dengan nilai-nilai yang kita anut atau kebutuhan anak-anak kita.

Untuk itu, kami akan memberikan tips-tips berikut yang bisa menolong Anda agar lebih bijaksana dalam memanfaatkan Internet untuk memeroleh artikel parenting yang tepat.

Selalu utamakan nilai-nilai yang Anda pegang

Setiap keluarga pasti memiliki nilai-nilai luhur yang mereka pegang erat, baik dari sisi agama maupun adat. Oleh karena itu, setiap kali Anda memeroleh informasi parenting, Anda harus membandingkannya dengan nilai-nilai tersebut. Jika tidak bertentangan, Anda bisa menerapkannya. Namun jika bertentangan, tentu Anda tidak perlu menerapkannya.

Konsultasi dengan ahli

Sebelum Anda menerapkannya, setiap saran atau informasi yang Anda dapat, terutama masalah kesehatan, sebaiknya Anda konsultasikan dengan para ahli yang selama ini menangani anak-anak Anda

Tetap berinteraksi dengan orang-orang di dunia nyata

Dunia maya memang tempat yang menarik dan memberikan banyak kesenangan. Tetapi, orang-orang di sekitar kita adalah keluarga nyata kita dan kita tetap perlu bersosialisasi dengan mereka. Jika perlu membangun komunitas dunia maya, sebaiknya tetap ada interaksi dengan mereka di dunia nyata.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *