Tips dan Trik

Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir untuk Pasangan Muda

Kehadiran bayi memang bukan hanya menguras emosi dan tenaga, tatapi juga bisa menimbulkan kecemasan bagi banyak orang tua, apalagi mereka yang baru menerima anak pertamanya. Kebingungan cara merawat sudah menjadi hal yang lumrah. Mungkin, Anda sendiri sudah melakukan berbagai macam persiapan untuk menyambut kehadirannya dari jauh-jauh hari, namun tetap saja cara merawat bayi tidak sepenuhnya dikuasai.

Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir untuk Pasangan Muda

Berbagai Hal yang Harus Diterapkan

Cara merawat bayi pasti terlihat susah, bahkan identik dengan kelelahan setiap hari. Tak jarang, banyak orang tua yang dilanda tekanan berlebihan. Apalagi jika baru mempunyai anak pertama. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus diperhatikan ialah, bagaimana orang tua mengelola tekanan yang ada.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kondisi fisik. Walaupun Anda sendiri kurang tidur, hindari mengkonsumsi makanan yang mengusir rasa kantuk, atau mengkonsumsi kafein. Anda harus tetap mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti kebutuhan air harian, dan pastikan menghirup udara segar. Agar kondisi bugar, Anda bisa tidur bersamaan dengan waktu tidur buah hati. Minta pasangan untuk menggantikan posisi Anda ketika malam hari.

Kedua, jangan takut. Melihat mungilnya buah hati, pasti Anda serta pasangan merasa cemas dan tak mampu merawatnya dengan baik. Kecemasan ini akan berkurang bila hal tersebut dibicarakan secara bersama-sama. Anda juga bisa tertawa ceria bersama bayi untuk mengurangi rasa ketakutan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Bayi Baru Lahir

Berikut beberapa cara merawat bayi yang harus Anda perhatikan:

  • Menjaga keamanan dan kebersihan bayi. Jaga kebersihan dan keamanannya ketika Anda akan memegang atau menggendong bayi. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan kontak dengannya agar mereka terhindar dari kuman. Hati-hati ketika menggendong bayi, terutama perhatikan pegangan Anda di bagian leher dan kepalanya.
  • Memandikan bayi. Cara merawat bayi saat memandikannya, Anda cukup menggunakan sampo dan sabun yang di desain khusus untuk mereka. Benda-benda lain yang harus dimiliki seperti kain waslap, handuk yang lembut serta bak mandi. Bila cemas produk yang digunakan akan menimbulkan iritasi padanya, Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter terlebih dulu.
  • Penggantian popok. Salah satu cara merawat bayi yang dianggap susah adalah memasang popok. Mungkin Anda akan mengganti popok sampai 10 kali dalam sehari. Hal tersebut bergantung dari asupan yang diterimanya. Biasanya, bayi yang diberi susu formula akan memiliki frekuensi kencing yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI.
  • Pemberian susu. Memberi susu pada bayi baru lahir akan sangat sering. Biasanya, bayi harus diberi susu 8 hingga 15 kali sehari. Hal tersebut terjadi karena kapasitas perut mereka masih kecil. Dalam proses pemberian susu, Anda bisa melakukan dalam posisi bergantian, sehingga Anda sendiri juga merasa nyaman.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *