Tips dan Trik

Tips dan Cara Mengatasi Stress Saat Hamil yang Tepat dan Cepat

Ibu hamil biasanya lebih sensitif, mudah tersinggung dan emosi yang berubah-rubah. Hal tersebut bisa dibilang wajar karena perubahan hormon saat kehamilan. Namun jika tidak segera diatasi dikhawatirkan membuat ibu hamil menjadi frustasi hingga ke tingkat depresi. Berikut adalah cara yang bisa Anda coba bagaimana mengatasi stress saat hamil.

Membuat Suasana Hati Tetap Tenang dan Bahagia

Ada banyak cara agar mengatasi stress agar pikiran menjadi lebih tenang dan bahagia yang bisa Anda coba, seperti: mendengarkan musik, memanjakan diri, memberikan waktu untuk diri Anda sendiri melakukan hal-hal yang menyenangkan dsb.

Namun untuk mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan bisa dimulai dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Anda bisa melakukan latihan senam seperti yoga, meditasi yang bermanfaat mengurangi stress. Selain itu atur jam tidur Anda, hindari tidur terlalu larut malam dan konsumsi makanan dan minuman yang dianjurkan saat hamil.

Dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar, rasa tenang yang dimunculkan akan lebih cepat terasa. Selain itu ikhlas dan bersabar merupakan obat mujarab menemukan kebahagiaan dan mengurangi perasaan cemas yang berlebihan.

Baca Juga:Gangguan dan Perawatan Tubuh Ibu Pasca Melahirkan

Tetap Kontrol

Jika Anda tipe orang yang mudah stess bahkan sebelum masa kehamilan. Anda bisa meminta bantuan ahli (psikiater) untuk mendapatkan perawatan prenatal. Perawatan terapi lebih aman untuk ibu hamil dan janin yang ada di dalam perut. Jangan malu untuk mendatangi psikater, karena dengan bantuan psikolog Anda dapat mengetahui solusi yang tepat bagaimana cara mengatasi emosi negatif.

Komunikasi yang Terbuka

Stress saat hamil bisa berupa perasaan cemas, ketakutan yang berlebihan atau pikiran negatif dan bisa menjadi lebih buruk jika dipendam seperti gulungan salju yang semakin membesar. Jangan takut atau malu meminta pendapat suami, keluarga atau orang-orang terdekat yang memiliki pengalaman yang sama dengan tujuan untuk berbagi dan saling mendukung.

Menurut para ahli spesialis Tumbuh kembang anak, suasana hati ibu hamil bisa mempengaruhi karakter anak saat lahir. Karena saat ibu hamil merasakan bahagia maka akan menghasilkan hormon- hormon postif yang akan disalurkan ke plasenta dan ditangkap oleh syaraf otak bayi.

Dengan demikian bayi yang lahir akan jauh lebih sensitif dengan perasaan gembira, sedangkan ibu yang selalu cemas dan tidak bahagia saat kehamilan bisa melahirkan bayi yang pendiam, selalu cemas, gelisah dan rewel.

Nah, bagaimana apakah ibu akan terus larut dalam stress yang berkepanjangan? Tentu saja semua menginginkan perasaan yang tenang dan bahagia. Demi kesehatan janin dan ibu sendiri sudah sebaiknya mencoba cara mengatasi stress yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Pikiran positif saat kehamilan bisa membuat proseskehamilan menjadi moment yang paling bahagia. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *