Tips dan Trik

Tips Jitu Mengatasi Nafsu Makan Anak yang Menurun

Masalah yang biasa terjadi jika Anda memiliki anak khususnya yang masih balita adalah nafsu makan anak menurun, tentu saja masalah tersebut membuat orang tua khawatir anak mengalami gangguan gizi yang bisa menghambat tumbuh kembangnya.

Semua anak pasti pernah mengalami penurunan nafsu makan, terutama setelah usia anak melewati satu tahun. Ada banyak cara yang dilakukan anak untuk menolak makanan. Mulai dari mengulur-ulur waktu, memilih-milih menu, memuntahkan makanan yang sudah masuk ke mulut, menutup mulutnya. Akibatnya bagi ibu yang kurang sabar perilaku anak tersebut bisa membuat panik dan jengkel.

Kondisi anak yang susah makan umumnya wajar, terutama setelah ia lepas dari ASI dan mulai bisa berjalan. Seiring perkembangan dan kemampuannya membuat aktivitas anak semakin bertambah akibatnya minat anak terhadap makanan menurun dan ia lebih tertarik dengan berbagai hal baru yang ia temui.

Masalah susah makan karena faktor tersebut bisa diatasi dengan mensiasati dan mencari strategi yang tepat. Berikut ini beberapa trik yang sederhana namun sangat efektif  diterapkan:

Ajak Anak Membuat Makanan

Keterlibatan anak membuat makanan untuknya, mulai dari proses pembuatannya bisa membuat anak semangat menyantap makanan. Membuat makanan bisa memancing selera makannya, anak bisa mencium langsung aroma saat makanan sedang dibuat. Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anakpun menjadi lebih tertarik dengan masakan buatannya sendiri.

Baca Juga :Tips Jitu Mendidik Anak Remaja yang Keras Kepala

Menghias Makanan

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa makanan yang memiliki tampilan cantik bisa meningkatkan nafsu makan. Makanan yang dihias atau garnish bisa membuat anak tertarik dan ingin mencicipinya.

Ajak Anak Berolahraga

Jika anak jarang melakukan aktivitas di luar rumah ada baiknya disaat hari libur Anda mengajak anak keluar rumah untuk berolahraga. Minimal ajak anak untuk bermain agar tubuhnya bergerak lebih aktif. Olahraga membantu proses pembakaran kalori di dalam tubuh dengan demikian nafsu makannya bisa bertambah.

Jangan Minum, Makan Cemilan Sebelum Makan

Cara menambah nafsu makan anak yang lainnya adalah dengan menghindari anak minum atau makan jajanan sebelum makan. Alasannya karena air yang diminum bisa membuat perut semakin kenyang, begitupun dengan cemilan atau jajanan. Kalau sudah kenyang tentu saja anak akan menolak makan.

Mengkonsumsi Vitamin C, B dan Zinc

Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin C yang fungsinya untuk meningkatkan sistem imun dan menambah nafsu makan. Anda bisa memberikan anak buah jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain vitamin C jangan lupa menambah asupan makanan yang mengandung vit B dan Zinc karnea dapat menambah nafsu makan.

Demikian informasi mengenai tips yang bisa Anda coba aplikasikan agar nafsu makan anak bertambah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *