Tips dan Trik

Tips Jitu Pilih Mainan Bayi Bagi Buah Hati

Memiliki buah hati sudah menjadi sebuah impian bagi para orang tua. Terlebih jika dalam mendapatkannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun, merawat bayi bukan menjadi pekerjaan yang mudah. Semuanya harus terencana dan dipikirkan terlebih dahulu agar perkembangan bayi kedepannya tidak terganggu. Banyak orang yang menyepelekan beberapa hal yang terlihat sepele dalam mengasuh bayi, namun sebenarnya hal itu bisa menjadi masalah besar dalam perkembangan sang bayi. Salah satu yang menjadi hal yang dianggap sepele adalah pemilihan mainan untuk bayi. Padahal mainan menjadi hal yang cukup vital dalam perkembangan sang bayi dalam mengeksplorasi segala hal, contoh bentuknya adalah dengan memasukkannya ke dalam mulutnya. Oleh karena itulah dalam memilih mainan bayi orangtua harus lebih selektif. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam memilih mainan yang tepat untuk bayi Anda.

Tips Jitu Pilih Mainan Bayi Bagi Buah Hati

Mainan sesuai usia bayi

Banyak orang yang lebih memilih mainan untuk bayinya karena lucu dan menarik perhatian. Padahal sebenarnya mainan itu tidak cocok untuk usia bayi Anda. Banyak mainan yang sudah ada peringatan tentang penggunaannya sesuai umur, seperti tanda “1 tahun keatas” atau “ 6 bulan” dan sebagainya. Anda harus bisa membedakan mana mainan yang tepat dan tidak bagi Bayi Anda. Jika mainan yang ingin Anda beli tidak terdapat tanda pemakaian usianya, ada baiknya Anda untuk bertanya pada karyawan toko mengenai mainan tersebut.

Kualitas

Sebelum Anda membeli mainan bayi yang menurut Anda tepat, ada baiknya Anda untuk memeriksa kualitas dari mainan tersebut. Dari segi catnya yang mudah mengelupas atau tidak, sisi mainan yang tajam, magnet, tali yang berpotensi membuat bayi tercekik, dan masih banyak faktor lain yang bisa Anda perhatikan.

Pastikan ukurannya besar

Hal ini untuk menghindari mainan bayi yang Anda beli tertelan oleh bayi Anda. Bayi kecil yang masih berusia dibawah 3 tahun sangat mudah untuk memasukkan segala benda ke dalam mulutnya. Maka salah satu cara agar meminimalisir hal yang tidak diinginkan adalah dengan membeli mainan yang lebih besar dari mulutnya. Idealnya untuk bayi yang ada pada usia ini mainan yang dibeli berukuran lebih dari 6 cm pada panjangnya dan 3 cm pada lebarnya.

Bahan yang aman

Bahan pembuat Mainan bayi haruslah terbuat dari bahan yang aman. Tidak boleh ada bahan kimia seperti merkuri, kadmium, arsenik, phthalate, timah, dan berbagai bahan lainnya yang bisa membahayakan kesehatan bayi. Bayi sangat mudah memasukkan mainan ke dalam mulutnya, maka mainan yang dimainkan haruslah memiliki bahan yang tidak beracun dan mudah untuk dicuci. Anda harus selektif dalam memilih bahan mainan yang akan dimainkan oleh buah hati Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *