Tips dan Trik

Tips Kehamilan Sehat pada Trimester Pertama

Kehamilan pada trimester pertama adalah masa kehamilan yang cukup penting namun juga riskan. Masa ini penting karena janin mengalami perkembangan awal, dan riskan karena pada masa ini janin masih lemah dan rentan. Oleh karena itu, ibu harus menjaga tubuh pada awal kehamilan. Dan berikut ini adalah tips kehamilan sehat pada trimester pertama:

  1. Cukup Istirahat

Masa awal kehamilan, ada banyak perubahan yang dialami oleh seorang ibu. Dalam kondisi ini, ibu akan mudah lelah, mudah mengantuk, mual, dan pusing. Untuk mengatasi ini, ibu harus lebih banyak istirahat agar kehamilan sehat.

  1. Tidak Bekerja Berat

Trimester pertama, ibu harus mengurangi aktiftias atau pekerjaan-pekerjaan yang berat. Tubuh ibu sedang mengalami perubahan dan sedang ada tahap awal perkembangan janin dalam perut ibu. Oleh karena itu, ibu tidak boleh bekerja berat atau mengangkat barang yang berat karena dapat mempengaruhi kondisi janin.

Baca Juga ; Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

  1. Makan Makanan yang Sehat

Ibu harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi, hal ini karena apa yang dikonsumsi oleh ibu dapat berpengaruh pada janin. Makan makanan yang sehat dan bergizi, dan sebisa mungkin hindari makanan mentah dan makanan setengah matang, seperti lalapan dan sate. Makanan yang mentah dan setengah matang dikhawatirkan mengandung zat yang berbahaya bagi janin. Oleh karena itu, ibu harus mengkonsumsi makanan terbaik yang tak hanya bermanfaat bagi tubuh ibu, tapi juga bermanfaat bagi tumbuh kembang janin dalam rahim ibu.

  1. Cermat Sumber Informasi

Bagi ibu hamil tentunya sering mencari informasi tentang kehamilan dari segalam macam sumber, baik itu itu di majalah, koran, serta internet. Akan tetapi ibu hamil harus lebih cermat dengan informasi yang didapat dengan cara menanyakan informasi tersebut kepada ahlinya, seperti kepada bidan atau dokter kandungan.

  1. Jangan Konsumsi Obat Sembarangan

Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat sembarangan karena dapat mempengaruhi kondisi janin. Ibu hamil jangan pula mengkonsumsi jamu. Apabila merasakan kondisi yang tidak sehat, ibu hamil harus berkonsultasi dan memeriksakannya kepada bidan atau dokter untuk mendapatkan obat yang tepat namun tidak membahayakan janin.

  1. Berolahraga

Meski dalam kondisi berbadan dua, ibu hamil teap harus banyak gerak atau berolahraga. Lakukan gerakan-gerakan ringan atau sekadar jalan-jalan di sekitar rumah. Olahraga saat trimester pertama membantu ibu untuk memperlancar sirkulasi oksigen dalam tubuh, selain itu olahraga juga dapat membantu ibu untuk memperbaiki mood atau emosi saat hamil yang seringkali tidak stabil. Selain itu, olahraga juga menjaga berat badan ibu hamil agar tetap stabil.

Trimester pertama adalah masa yang penting, oleh karena itu ibu bisa menjalani tips-tips kehamilan sehat di atas untuk menjaga kondisi tubuh ibu serta menjaga kondisi janin agar dapat berkembang dengan baik

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *