Tips dan Trik

Tips Kehamilan Sehat untuk Wanita Usia di Atas 40 Tahun

Kehamilan merupakan sesuatu yang harus disyukuri oleh setiap ibunda. Anak adalah anugerah yang harus dijaga, sehingga ibunda harus pandai menjaga kondisi kesehatannya agar si janin yang berada di dalam kandungan dapat berkembang dengan baik dan sempurna, sebab kebiasaan ibunda akan sangat mempengaruhi perkembangan si janin. Namun, tidak sedikit di antara perempuan yang merasakan kehamilan pertama atau hamil ketika usianya sudah di atas 40 tahun. Kehamilan pada usia di atas 40 tahun tentu lebih berisiko dibandingkan dengan usia ideal bunda mengandung, yaitu antara 23-35 tahun. Bagi ibunda yang dianugerahi kehamilan pada usia di atas 40 tahun, tidak perlu khawatir, sebab ibunda tetap dapat menjaga kehamilan agar tidak berisiko dengan menerapkan hidup sehat. Berikut ini adalah tips kehamilan sehat untuk ibunda yang hamil di atas usia 40 tahun.

  1. Memilih Makanan yang Tepat

Wanita dengan usia kehamilan berisiko harus benar-benar menerapkan pola makan yang sehat, yaitu dengan hanya mengkonsumi makanan yang tepat dan bermanfaat bagi tumbuh kembang janin yang sedang dikandung. Makanan yang dikonsumsi ibunda harus banyak mengandung asam folat, protein, zat besi, dan kalsium, yang akan menjaga kesehatan ibunda dan kesehatan janin. Makanan seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibunda. Tambahkanlah makanan sehat tersebut dengan mengkonsumsi vitamin prenatal secara teratur sepanjang masa kehamilan.

Baca Juga : Gaya Hidup Sehat untuk Kehamilan Sehat

  1. Menghindari Zat Berbahaya

Kehamilan sehat dapat dimulai dengan menjalani pola hidup sehat. Pola hidup sehat bagi wanita hamil dapat dilakukan dengan menghindari zat-zat berbahaya yang akan mengganggu kesehatan, dan tentu akan membawa dampak yang kurang baik bagi janin. Di antara zat-zat berbahaya yang harus dihindari oleh ibu hamil dengan usia rentan adalah mengkonsumsi alkohol, berada di lingkungan yang penuh asap rokok, mengkonsumsi obat tanpa resep dokter kandungan, dan mengkonsumsi makanan instan. Tidak sedikit makanan instan yang mengandung zat berbahaya dan berpotensi menjadi racun bagi tubuh. Untuk itu, ibu dengan usia kehamilan yang rentan wajib menjauhi zat-zat berbahaya tersebut.

  1. Jangan Mudah Stress

Wanita hamil akan jauh lebih sensitif. Hal ini berpotensi membuat ibunda gampang stress. Cara terbaik agar tidak mudah stress adalah selalu berpikir positif dan tidak perlu khawatir berlebihan akan janin yang berada dalam kandungan. Sebab, wanita berusia di atas 40 tahun yang hamil cenderung terkena syndrom mudah stress dan terlalu mencemaskan kondisi kesehatan bayinya. Hal tersebut justru tidak sehat. Tumbuhkanlah sikap optimisme dalam diri agar janin yang berada dalam kandungan sehat dan berkembang dengan baik.

Itulah beberapa kiat kehamilan sehat untuk ibunda yang berusia di atas 40 tahun. Kehamilan, di usia berapapun, harus selalu disyukuri, yaitu dengan cara menjaga kehamilan sebaik mungkin dan berusaha agar janin yang berada dalam kandungan dapat berkembang secara maksimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *