Tips dan Trik

Tips Memasak Makanan Bayi Dengan Alat Bantu Lebih Praktis dan Higienis

Mempersiapkan makanan bayi harus benar-benar teliti dan telaten. Semua peralatan, tangan Anda sampai peralatan yang digunakan harus dalam kondisi bersih dan steril. Sebaiknya jangan satukan peralatan makan dan masak bayi dengan peralatan dapur keluarga. Jika menggunakan talenan pilih talenan dengan bahan kayu. Bahan kayu lebih aman, berbeda dengan talenan bahan plastik lebih mudah menempel bakteri.

Pastikan membersihkan peralatan tanpa meninggalkan noda. Karena sistem pencernaan bayi masih sangat rentan dan sensitif. Menggunakan peralatan yang kotor atau bernoda bisa menyebabkan tumbuhnya mikroorganisme penyebab penyakit.

Berikut beberapa alat bantu membuat makanan untuk bayi yang bisa Anda jadikan referensi:

  1. Blender

Blender berfungsi mempercepat proses penghancuran, melembutkan bahan makanan yang akan digunakan. Ada berbagai jenis blender yang bisa Anda pilih, salah satunya hand held electric blender yang memiliki pegangan di bagian samping. Blender jenis ini ideal untuk menghaluskan bahan dalam jumlah sedikit.

Blender agak susah dibersihkan karena bagian bawahnya terdapat lempengan seperti pisau yang berfungsi untuk menghaluskan. Agar blender bisa dicuci bersih tanpa harus memasukkan tangan kedalamnya adalah dengan cara sebagai berikut:

Masukkan air panas (bukan air mendidih) lalu tambahkan cairan pencuci piring. Lalu nyalakan blender beberapa detik, buang airnya lalu bilas hingga bersih tetap menggunakan air panas.

Baca Juga: 5 Merk Makanan Bayi dengan Kandungan Nutrisi Lengkap

  1. Food Processor

Fungsinya mirip dengan blender yaitu menghaluskan bahan makanan yang akan digunakan. Dari segi ukuran bentuk food processor lebih kecil dibandingkan dengan blender. Namun sayangnya alat ini lebih sulit dibersihkan.

  1. Microwave

Microwave adalah peralatan masak yang menggunakan radiasi gelombang mikro. Biasa digunakan untuk memanaskan makanan. Alat ini sudah dilengkapi wadah kusus untuk proses memasak.

  1. Kukusan

Alat untuk mengkukus atau streamer umumnya sudah dilengkapi dengan satu atau lebih wadah yang disekelilingnya memiliki lubang.

  1. Crock Pot

Crock Pot atau dikenal juga dengan Slow Cooker adalah alat yang digunakan untuk merebus bahan makanan. Alat ini cukup praktis karena Anda bisa sekaligus merebus sekaligus semua bahan.

Selain lima peralatan tersebut masih ada peralatan memasak makanan bayi lainnya yang bisa Anda gunakan, seperti: wadah untuk membekukan makanan, potato ricer dan food mill. Potato ricer adalah alat khusus untuk menggiling dan menghaluskan sayur mayur, kentang atau ubi. Selain itu ada juga food mill alat yang digunakan untuk menghaluskan buah-buahan dan sayuran yang sudah direbus dan ditiriskan.

Mendapatkan peralatan memasak makanan bayi bisa Anda dapatkan di toko khusus keperluan bayi atau bisa melalui toko online. Dengan membeli peralatan di toko online lebih menghemat waktu dan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan harga yang ada di pasaran.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *