Perlengkapan Anak

Tips Memberi Nama Bayi Unik Namun Memiliki Arti  

Dianugerahi dengan kelahiran bayi mungil pastinya suatu hal yang sangat membahagiakan. Kelahirannya merupakan satu anugerah sekaligus pengharapan baru agar bisa membesarkan dan mendidiknya menjadi anak yang mulia. Setelah kelahiran anak, yang perlu dipersiapkan adalah memberikan nama sesuai dengan harapan orang tua. Ada banyak nama yang bisa diberikan pada anak sesuai dengan selera orang tua namun sebaiknya Anda tidak memberi nama anak sembarangan karena nama merupakan doa. Berikut ini adalah tips untuk memberikan nama bayi yang unik namun memiliki arti baik untuk doa hingga kelak ia dewasa.

 

Nama keluarga.

Sematkan nama keluarga untuk bayi Anda jika memiliki nama keluarga yang telah digunakan secara turun temurun. Hal ini adalah tradisi yang semakin mengukuhkan keberadaannya dalam satu keluarga. Pemberian nama keluarga juga diharapkan bisa mendekatkan sanak family yang ada sehingga lebih akrab dan bisa lebih mudah mengenal serta membaur.

 

Nama sebagai doa.

Nama adalah doa bagi anak. Jika Anda setuju dengan ungkapan tersebut maka berilah anak Anda nama yang baik sebagai doa Anda padanya. Cara memberi nama yang berarti doa bisa dilakukan dengan memberikan kata dengan arti yang baik misalnya Arif, Ikhsan, Mulia, Permata, Cahaya, Rizky dan sebagainya.

 

Bahasa daerah atau asing.

Pemberian nama dari bahasa daerah atau bahasa asing juga bisa diberikan asalkan arti dari nama tersebut baik. Pemberian nama dari bahasa daerah atau bahasa asing akan menjadikan nama bayi terdengar lebih unik.

 

Tiga suku kata.

Nama anak yang terlalu panjang sebaiknya tidak diberikan karena bisa menyulitkannya saat menulis di form resmi. Memang tidak ada panjang standar untuk nama namun sebaiknya memberi nama anak dengan 3 suku kata saja sehingga lebih mudah diingat dan dituliskan.

 

Perjelas jenis kelamin dari nama.

Jangan memberikan nama yang menyulitkan orang untuk menebak jenis kelamin anak Anda. Jika Anda memberi nama anak dengan 3 suku kata maka suku kata pertama dan kedua sebaiknya mengandung unsur nama yang sesuai dengan jenis kelamin putra-putri Anda kemudian suku kata ketiga adalah nama keluarga.

 

Tips di atas bisa Anda terapkan untuk memberi nama si kecil agar memiliki nama yang unik namun dengan arti yang baik. Nama bayi adalah sebuah doa dari orang tua bagi mereka dan diberikan sekali di awal kelahirannya yang akan digunakan hingga kelak ia tua sehingga memberikan satu nama yang paling sesuai dan baik adalah yang paling dianjurkan. Sebaiknya memberi nama pada bayi setelah ia menginjak usia 7 hari yang dibarengi dengan upacara atau syukuran potong rambut serta aqiqah sesuai dengan keyakinan masing-masing.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *