Tips dan Trik

Tips Memberikan Makanan Bayi Sesuai dengan Usia Bayi

Untuk bayi yang sudah berusia lebih dari 6 bulan memang membutuhkan makan pendamping ASI yang mana untuk makanan inilah yang akan membantu pada perkembangan yang buah hati. Sedangkan dalam memberikan makanan bayi ini pun tidaklah dilakukan dengan cara yang sembarangan, akan tetapi Anda sebagai orang tua haruslah memperhatikan pada makanan yang nantinya akan dikonsumsi oleh buah hati Anda. Sedangkan untuk makanan yang diberikan pun juga harus sesuai dengan usia buah hati Anda itu sendiri.

Makanan yang dapat dikonsumsi buah hati Anda tentunya juga berbeda-beda, karena makanan yang dikonsumsi tergantung pada usia yang dimiliki oleh buah hati Anda. Bagi Anda sebagai ibu yang baru memiliki anak satu tentunya akan lebih minim tentang pengetahuan akan hal ini, sehingga Anda dapat untuk mengintip pada beberapa ulasan yang ada di bawah berikut ini yang akan membantu diri Anda untuk menemukan makanan yang tepat dan sesuai dengan usia buah hati Anda.

Berikut ini jenis makanan bayi yang sesuai dengan usianya, yaitu sebagai berikut ini:

Baca Juga:Beragam Jenis Bubur yang Bisa Anda Siapkan Sebagai Makanan Bayi Usia 6 Bulan

  • Bayi berusia 0 – 4 bulan.

Untuk bayi yang berusia 0-4 bulan makanan terbaik untuk buah hati Anda yaitu ASI serta kolostrum yang memiliki kandungan berupa anti bodi misalnya seperti IgM, IgA dan IgG yang dapat menjaga pada sistem kekebalan tubuh bayi.

  • Usia 4-6 bulan.

Anda dapat memberikan makanan berupa bubur yang dapat Anda buat dari bahan sayur maupun buah.

  • Bayi 6-8 bulan.

Anda dapat memberikan bubur yang lebih banyak sayurnya dan dalam porsi yang jauh lebih banyak dari usia yang sebelumnya.

  • Bayi 8-10 bulan.

Anda dapat memberikan sereal yang berbahan dasar gandum, serta tambahkan makanan yang banyak mengandung protein, misalnya seperti ikan, telur, daging, serta kacang-kacangan.

Baca Juga:

  • Bayi 10-12 bulan.

Anda dapat memberikan makanan yang kaya akan zat besi, protein, karbohidrat, yang bisa didapatkan dari buah-buahan serta sayur-sayuran.

Dari beberapa jenis makanan yang ada di atas dapat untuk membantu diri Anda untuk lebih teliti lagi dalam memberikan makanan kepada sang buah hati Anda, dengan begitu maka Anda pun tidak perlu merasa khawatir dan takut lagi pada saat Anda belum mengetahui pada jenis makanan yang tepat untuk diberikan oleh buah hati yang sesuai dengan usianya.

Memberikan makanan bayi yang sesuai dengan usianya merupakan suatu hal yang wajib untuk diperhatikan dengan sebaik mungkin, karena hal ini akan sangat mempengaruhi pada proses pertumbuhan buah hati Anda, dan apabila Anda tidak memperhatikan pola makan buah hati Anda, tentunya pertumbuhan buah hati Anda pun juga akan terganggu dan tidak dapat tumbuh kembang sebagaimana mestinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *